Politik

PKPI Gelar Rapat Pleno Bahas Kongres Luar Biasa

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) siang ini akan menggelar rapat pleno guna membahas rencana penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB).

Ketua Umum PKPI AM Hendropriono mengatakan, rapat pleno akan digelar di markas PKPI, Jl Diponegoro 63 Jakarta pukul 14.00-17.00 WIB.

“Sesuai dengan ART PKPI pasal 28, maka saya tunjuk Wakil Sekretaris Jenderal Partai saudara Sentot sebagai Ketua Penyelenggara rapat pleno ini,” kata Hendropriyono kepada senayanpost.com, Rabu (18/4/2018).

Agenda rapat membahas beberapa di antaranya, menyusun Panitia KLB yang akan dihelat pada 8 Mei 2018 nanti, menyusun kriteria calon Ketum DPN PKPI; dan menyusun tim penyempurnaan AD/ART.

Sebagaiman diketahui, Hendropriyono memutuskan berhenti dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia atau PKPI. Usia menjadi alasan bagi bekas Kepala Badan Intelijen Negara itu untuk menanggalkan posisinya.

“Karena bulan depan usia saya 73 dan mau 74, enough is enough. Kalau tidak mau berhenti juga nanti diberhentikan oleh Tuhan,” kata Hendropriyono saat memberikan sambutan dalam penetapan PKPI sebagai peserta Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jumat (13/4).

Dia menegaskan pengunduran dirinya lantaran menurutnya masih banyak pihak di dalam partai bentukan Edy Sudrajat itu, yang menginginkan ia terus menahkodai PKPI. Atas keputusannya, Hendropriyono segera menggelar kongres luar biasa PKPI.

“Saya pribadi sudah merasa cukup untuk mengabdi di belantika politik nasional,” ujar dia.

Selain pernah menjabat kepala BIN, dia pernah menjabat Sekretaris Pengendalian Operasional Pembangunan Republik Indonesia pada tahun 1996-1998, Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan (PPH) dalam Kabinet Pembangunan VII, dan menjabat sebagai Menteri Transmigrasi dan PPH dalam Kabinet Reformasi Pembangunan yang kemudian merangkap sebagai Menteri Tenaga Kerja ad-interim.

Menurut Hendropriyono, di akhir karier politiknya, dia juga telah berhasil mengantarkan partainya lolos sebagai peserta Pemilu 2019 setelah sebelumnya diputus tak lolos oleh KPU.

“Saya sudah bawa kalian semua, kita sudah sampai pada satu gerbang pintu melangkah dengan lebih sempurna,” ujarnya pada para pengurus partai.

KPU resmi menetapkan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia sebagai peserta Pemilihan Umum 2019 dengan nomor urut 20.

Tokoh intelijen ini menyebutkan, sementara ini sudah ada 20 nama yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua Umum PKPI.

Mereka antara lain:

1. Fardilla Astari

2. Firdaus Adinugroho

3. Irpan Maulana

4. Diaz Faisal Malik

5. Afik Budhiawan

6. Heldy Wahyu Dwi Herawan

7. Imam Anshori Saleh

8. Verry Hendrawan

9. Roni Hartono

10. Diah Pusita Sari

11. Mahfuz Abdullah

12. Debby Merlian Amalia

13. Rahmayanti

14. Alina Maya

15. Teddy Gusnaidi

16. Fitra Hamida Hapsari

17. Reinaldi Zilfia Fajar

18. Syariffuddin Noor

19. Rully Sukarta

20. Keke Takudaeng Parawansa

“Kesempatan masih terbuka bagi kader PKPI yang berminat mendaftar sebagai bakal calon Ketua Umum PKPI.” kata Hendropriyono.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close