Lintas Daerah

Pjs Wali Kota Bandung: Pendatang Harus Punya Keterampilan

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Menyambut Lebaran 2018 dan arus balik yang biasanya turut membawa pendatang baru. Pemerintah Kota Bandung meminta para pendatang tidak menjadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

“Pesan kepada pemudik jangan bawa orang yang tidak punya keahlian apa-apa dan jangan mencari pekerjaan di Kota Bandung kalau tidak punya keahlian. Karena Kota Bandung ini membutuhkan orang-orang yang kreatif dan bisa berkompetisi,” ujar Pejabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhammad Solihin di Terminal Leuwipanjang, Kamis (14/6/2018).

Menurutnya, supaya kehidupan mereka terjamin, mereka setidaknya harus memastikan diri agar mempunyai keterampilan, pekerjaan yang jelas dan tempat tinggal.

Jika tidak memiliki hal yang disebut di atas, Solihin khawatir mereka akan hidup terlantar dan berujung menyusahkan diri sendiri hingga menjadi beban bagi masyarakat Kota Bandung.

“Yang tidak punya keahlian itu kalau gak jadi korban jadi pelaku. Saya khawatir terjadi dua-duanya,” kata dia.

Lebih baik, saran Solihin, bekerja untuk membangun daerah masing-masing. Seba pemerintah pusat dan provinsi telah menyalurkan banyak dana dan bantuan ke daerah yang dapat meringankan warga daerah dan membuat kehidupan yang lebih baik di desanya.

“Toh pemerintah kini sudah menggelontorkan program yang tak hanya di perkotaan tapi juga di pedesaan. Nah berkreativitas di desa akan sangat bagus. Manakala mereka berkreasi di desa maka desa akan maju,” kata dia.

Saat memasuki libur Lebaran, ia akan mengerahkan ratusan petugas dari Dinas Sosial Kota Bandung, Satpol PP dan Dinas Perhubungan dalam melakukan penjangkauan terhadap PMKS jalanan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close