Pinangki Beli Suvenir Rp20 Juta ke Anak Eks Dirjen Imigrasi

Pinangki Beli Suvenir Rp20 Juta ke Anak Eks Dirjen Imigrasi
Pinangki

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kejaksaan Agung menyebut Jaksa Pinangki Sirna Malasari mentransfer uang puluhan juta kepada anak mantan Direktur Jenderal Imigrasi Rony F. Sompie, Grace Veronica Sompie.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Febrie Adriansyah, menyatakan transfer puluhan juta itu dilakukan satu kali oleh tersangka Jaksa Pinangki. Namun, ia tidak merinci kapan transfer dilakukan.

"Satu kali senilai Rp 20 juta," ujar Febrie di kantornya, Jakarta Selatan, pada Kamis, 10 September 2020.

Febrie mengatakan, transfer yang dilakukan tersangka Jaksa Pinangki terkait dengan barang yang dijual Grace. Jual beli itu pun dilakukan tanpa perkenalan secara personal antara keduanya. 

"Pembelian suvenir karena Grace usaha itu," ucap Febrie.

Dalam kasus ini, Jaksa Pinangki memperoleh US$ 500 ribu atau setara Rp 7,5 miliar dari Djoko Tjandra sebagai uang muka atas perjanjian keduanya. Ia diketahui menawarkan proposal kepengurusan fatwa bebas di Mahkamah Agung (MA) kepada Djoko dengan bantuan Politikus Partai NasDem, Andi Irfan Jaya. Namun, kerja sama itu putus di tengah jalan lantaran Djoko Tjandra curiga.

Kini tiga orang itu sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Agung. Adapun untuk berkas perkara kasus, telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan sedang diteliti.