Pimpian DPR Sebut Tes Panglima TNI Cukup Satu Hari

Pimpian DPR Sebut Tes Panglima TNI Cukup Satu Hari
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/Sindonews

JAKARTA,SENAYANPOST.com -  Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan meski tanggal 8 November 2021 sudah memasuki masa pensiun Jenderal Hadi Tjahjanto sebgai Panglima TNI, namun proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Andika Perkasa di DPR bisa satu hari selesai.

"Hari ini rapat internal dan pada Jumat besok bisa langsung fit and proper tes di Komisi I DPR. Karena calon Panglima TNI nya hanya satu nama Andika Perkasa, satu hari selesai," kata Ketua Harian DPP Gerindra itu pada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Lebih lanjut Dasco mengatakan kecuali kalau calonnya lebih dari satu nama, maka prosesnya bisa lebih dari satu hari.

"Jadi, satu hari Kamis besok Jenderal Andika Perkasa sudah bisa selesai. Semoga lancar," jelasnya.

Semetara itu Komisi I DPR RI masih menggelar rapat internal untuk membahas jadwal uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tersebut.

Baca Juga

Menurut Ketua Komisi I DPR Meutya Hafiz proses pemilihan Panglima TNI dimulai tahap verifikasi  dokumen calon Panglima, dan kemungkinan verifikasi faktual sebagai bagian dari fit and proper test.

"Semangat Komisi I DPR tentu lebih cepat lebih baik, dengan memperhatikan semua tahapan yang perlu dilalui secara lengkap," ujarnya. (MU)