Lintas Daerah

Pilkada Solo, PKS Buka Peluang Dukung Gibran Jokowi

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal mengungkapkan pihaknya membuka peluang untuk mendukung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wali kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020.

Mustafa Kamal mengatakan pihaknya juga bersedia membuka diri untuk berkoalisi dengan PDIP mendukung Gibran dalam gelaran tahun depan.

“Kita bisa terbuka untuk membangun komunikasi dan koalisi dengan seluruh partai yang di tingkat pusat berada di pemerintahan ataupun di luar pemerintahan, kita terbuka semuanya,” kata Mustafa saat ditemui pada Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, koalisi di daerah lebih cair dibandingkan di tingkat nasional. Dia mengatakan bisa saja partai-partai mengambil posisi berseberangan di nasional, tetapi berkoalisi di daerah.

Mustafa juga berkata PKS mendukung anak muda yang punya kapasitas dan potensi untuk memimpin daerah, termasuk Gibran. Namun keputusan secara spesifik akan diserahkan kepada PKS Solo.

“Ya semuanya kita akan gali dari daerah karena kader-kader Partai Keadilan Sejahtera mempunyai aspirasi, mempunyai forum musyawarah untuk mengusulkan kepada DPP dan pada akhirnya kita akan putuskan,” ujarnya.

Mustafa menyampaikan pembicaraan terhadap langkah PKS di Pilkada 2020 akan dibahas dalam Rakornas 2019 di Jakarta. PKS memasang target untuk memenangkan separuh dari 270 pilkada tahun depan.

“Kita berharap bisa lebih dari 50 persen, nanti kita rumuskan targetnya pada rakornas ini. Kita himpun dulu, pendapat-pendapat di daerah nanti kita punya hitungan-hitungan yang rasional pada angka berapa kita akan membuat target,” ucapnya. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close