Politik

Pilkada Serentak 2020, Kampanye Akbar akan Digelar Online

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menyiapkan rancangan aturan terkait metode kampanye Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi corona COVID-19.

Menurut Komisioner KPU Viryan Aziz, KPU akan melarang kegiatan rapat umum di masa kampanye Pilkada Serentak 2020.

KPU, kata Viryan, akan mengikuti rekomendasi Gugus Tugas agar melaksanakan setiap proses pelaksanaan pilkada dengan standar COVID-19. Dengan demikian, kampanye akbar atau rapat umum yang melibatkan banyak orang hanya bisa dilakukan secara online.

“Sampai diskusi tadi malam seperti apa yang disuarakan sejumlah pihak, tidak melakukan atau bahkan cenderung melarang kegiatan kampanye rapat umum. Rapat umum yang dimaksud adalah dalam jumlah massal, ada panggungnya, ada lapangan, dan itu tidak mungkin tidak terjadi interaksi fisik,” kata Viryan, Selasa (2/6/2020).

“Sebagai alternatifnya kita mendorong ini sedang kita atur, kampanye rapat umum secara online,” imbuhnya.

Viryan menjelaskan, selama pandemi terjadi, banyak acara-acara yang dilakukan secara daring dan tetap mengundang perhatian orang banyak. Misalnya, kata dia, konser almarhum Didi Kempot dan konser #dirumahaja Najwa Shihab. Hal itu yang kemudian disarankan KPU kepada pasangan calon agar menggelar kampanye akbar secara daring.

“Misalnya, kan biasanya kampanye rapat umum itu ada artis-artis nyanyi, nah sekarang kan lagi musim konser dari rumah misalnya, ya kan bisa. Artinya kita beralih kepada pendekatan seperti biasa dilakukan secara daring. Dan itu dimungkinkan karena sudah berlangsung,” jelasnya dikutip dari kumparan.

Menurut Viryan, jika kampanye akbar tetap digelar seperti biasa, maka akan terjadi kontak fisik dalam jumlah besar. Dan hal ini dikhawatirkan akan membahayakan banyak orang karena potensi penyebaran virus corona makin besar.

“Inilah bisa disebut pilkada new normal. Jadi kalau pilkada kampanye rapat umum di lapangan terbuka itu pilkada out normal,” tegas Viryan.

Sebelumnya, KPU bersama pemerintah dan DPR telah menetapkan Pilkada Serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember mendatang. Dan masa kampanye akan berlangsung sejak 26 September hingga 5 Desember 2020.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close