Nasional

Pilkada Paniai, Kapolri: Berapa pun Pasukan Dibutuhkan, Saya Kirim

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan pihaknya siap mengirim berapa pun pasukan yang dibutuhkan untuk mengamankan pilkada di Kabupaten Paniai, Papua.

“Berapa pun dibutuhkan (personel), kami akan kirim karena proses demokrasi sangat penting dan enggak boleh kalah dengan aksi-aksi kekerasan,” kata Kapolri Tito Karnavian di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Tito menambahkan, Kabupaten Paniai, Papua, menjadi satu-satunya daerah yang belum menggelar pemungutan Pilkada 2018. Penyebabnya karena ada perbedaan pandangan antara KPU dan Panwaslu setempat soal jumlah pasangan calon.

“KPU kabupaten memutuskan itu cukup satu pasangan calon, yang lain digugurkan. Sementara di Panwaslu mengatakan dua calon termasuk petahana,” kata Tito.

“Ini deadlock sehingga diambil alih oleh KPU dan Bawaslu provinsi. Sudah diputuskan oleh provinsi, namun di kabupaten masih keberatan,” sambung dia.

Kapolri mengaku sudah menelepon Ketua KPU dan Bawaslu pusat untuk mencari solusi atas permasalahan Pilkada di Kabupaten Paniai tersebut.

KPU dan Bawaslu diminta untuk berembuk dan berdialog serta mengambil keputusan demi terselenggaranya Pilkada di Kabupaten Paniai secepatnya.

Apapun keputusan yang diambil KPU-Bawaslu nanti, memutuskan Pilkada Kabupaten diikuti satu atau dua pasangan calon, Polri dan TNI akan mengamankan secara maksimal situasi di Paniai. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close