Pilkada Jateng, 6 Daerah Bakal Lawan Kotak Kosong

Pilkada Jateng, 6 Daerah Bakal Lawan Kotak Kosong
Foto-tribunnews

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengungkapkan hingga perpanjangan masa pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 berakhir, terdapat enam daerah hanya menerima satu pasangan bakal calon yang mendaftar.

Karena itu pertarungan calon kepala daerah di enam daerah itu akan melawan kotak kosong.

Enam daerah tersebut adalah Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Wonosobo.

"Sampai dengan akhir perpanjangan pendaftaran, hanya satu pasangan bakal calon yang mendaftar. Kita sudah lanjutkan ke tahapan berikutnya yakni verifikasi berkas sampai pemeriksaan kesehatan," kata Yulianto.

Jika nantinya hasil tes kesehatan ada yang tidak meloloskan salah satu dari pasangan, maka KPU memberikan waktu kepada Partai Politik pengusung untuk mencari penggantinya.

"Tes kesehatan masih berlangsung sampai besok. Nantinya kalau ada yang gugur salah satu, kita berikan waktu sampai tanggal 16 ke partai politik untuk mencari penggantinya," tambah Yulianto.

Terkait dengan fenomena calon tunggal lawan kotak kosong, Yulianto berharap masyarakat untuk tetap datang ke TPS menggunakan hak suaranya, baik memilih Calon maupun memilih kotak kosong.

"Yang penting datang ke TPS. Tetap datang ke TPS gunakan hak suaranya. Bisa memilih calon, boleh juga memilih kotak kosong. Sama-sama sahnya", terang Yulianto.

Pada tahun 2020 ini, ada 21 daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada.

Berikut 6 daerah Kabupaten/Kota dengan calon tunggal :

1. Kabupaten Boyolali: Mohammad Said Hidayat (petahana wakil bupati) - Wahyu Irawan
2. Kabupaten Grobogan: Sri Sumarni (petahana bupati) - Bambang Pujiyanto
3. Kabupaten Kebumen: Arif Sugiyanto (petahana wakil bupati) - Ristawati Purwaningsih
4. Kota Semarang: Hendrar Prihadi Hendi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (petahana wali kota-wakil wali kota)
5. Kabupaten Sragen: Kusdinar Untung Yuni Sukowati (petahana bupati) - Suroto
6. Kabupaten Wonosobo: Afif Nurhidayat-Muhammad Albar. (Jo)