Lintas Daerah

Pilkada Jabar Dinilai Rawan Konflik, KPU: Tidak Terbukti

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Pilkada di Jawa Barat yang dinilai berbagai kalangan sebagai kawasan rawan konflik hingga saat kini tidak terbukti.

“Kekhawatiran Pilkada Jabar rawan konflik ternyata tidak terbukti karena masyarakat, paslon, dan pendukungnya mampu mengelola perbedaan dengan baik, sehingga suasana pilkada tetap kondusif,” kata Komisioner KPU Jawa Barat Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Nina Yuningsih, di Bandung, Selasa (10/4/2018).

Di Jawa Barat, menurutnya, nyaris tidak ada ujaran kebencian atau sentimen identitas, dan potensi konflik di Jawa Barat mampu diantisipasi semua pihak.

“Terlebih lagi warga Jawa Barat dikenal someah (ramah), sehingga setiap persoalan bisa diselesaikan dengan cara-cara yang baik pula. Para calonnya sama-sama baik, warganya juga baik, lalu apa yang harus dipertentangkan,” kata dia.

Untuk membangun komitmen pilkada yang damai KPU Jawa Barat dan para pemimpin, tokoh serta pasangan calon yang berlaga di Pilgub Jawa Barat menggelar acara coffee morning, Selasa pagi tadi di Kota Bandung.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat, komitmen pilkada damai sesuai dengan tema Pilgub Jabar sebagai sarana edukasi demokrasi dan wisata politik.

“Suasananya menyenangkan dan menyebarkan nilai-nilai yang bisa diekspos,” katanya.
Ia menambahkan bahwa proses ini bukan sekedar memilih pemimpin, tetapi juga melahirkan nilai-nilai yang bisa dipelajari masyarakat. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close