Pidato Zozibini Tunzi yang Membuatnya Terpilih Jadi Miss Universe

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Zozibini Tunzi dinobatkan sebagai Miss Universe 2019. Wanita asal Afrika Selatan ini sekaligus mencatat sejarah sebagai wanita berkulit gelap pertama yang terpilih sebagai ratu kecantikan sejagat.

Sebelum namanya terpilih sebagai pemenang, model asal Tsolo ini memberikan pidat yang menggetarkan dunia tentang stereotype dan makna kecantikan yang selama ini dikenal dunia.

Bisa jadi, berkat pidato itu juga ia terpilih sebagai Miss Universe 2019.

Melansir lama CNN, Zozibini cukup lantang bicara terkait warna kulit dan sikap diskriminatif yang selama ini ia terima. Ia juga menyuarakan dukungannya untuk wanita-wanita muda agar tak terkungkung dalam stigma seperti itu.

“Saya dibesarkan dalam dunia di mana wanita yang terlihat seperti saya, dengan warna kulit dan rambut seperti saya tidak dikategorikan sebagai cantik,” ungkapnya.

Baca Juga

“Saya rasa, hari ini adalah waktu yang tepat untuk menghentikan pandangan seperti itu,” lanjut Zozibini Tunzi.

Wanita berumur 26 tahun itu juga ingin menumbuhkan rasa percaya diri pada generasi muda yang memiliki warna kulit dan rambut seperti dirinya. Ia tak ingin mereka kehilangan percaya diri karena stigma negatif masyarakat.

“Saya ingin agar anak-anak memandang dan melihat wajah saya, lalu melihat bahwa wajah mereka tercermin dalam wajah saya,” lanjutnya.

Kemenangan Zozibini Tunzi membawa angin segar bagi Afrika Selatan dan berita sempat menjadi trending topic dunia dengan tagar #MissUniverse2019 dan ZozibiniTunzi.

Ada juga yang merayakan kemenangan Zozi dengan mengunggah kalimat sanjungan dan menyuruh setiap orang membagikan berita bahagia ini.