Internasional

Pidato Lengkap Pangeran Harry Soal Pengunduran Dirinya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pangeran Harry buka suara terkait berbagai kabar usai pengumuman pengunduran dirinya dan Meghan Markle sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Dalam sebuah pidato saat makan malam dengan pendukungnya di Sentabale, London, Pangeran Harry memberikan pemaparan terkait sebab keputusan itu bisa terjadi.

Pidato ini disampaikan setelah Ratu Elizabeth II mengumumkan pada Sabtu (18/01) waktu setempat bahwa ia sepakat dengan keputusan pengunduran diri Harry dan Meghan.

Sebagai konsekuensi keputusan itu, gelar kebangsawanan Harry-Meghan, His/Her Royal Highness, dicabut.

Bukan hanya itu, Ratu juga menjelaskan bahwa Harry-Meghan tak akan lagi mendapatkan pendanaan dari pajak masyarakat Inggris untuk aktivitas pelayanan terhadap kerajaan.

Harry-Meghan juga diwajibkan membayar kembali pajak yang mereka gunakan untuk merenovasi rumah mereka, Frogmore Cottage, sebesar 2,4 juta poundsterling.

Berikut pidato lengkap Pangeran Harry atas keputusan pengunduran dirinya dan Meghan Markle:

Sebelum saya memulai, saya harus mengatakan bahwa saya hanya dapat membayangkan apa yang mungkin telah kalian dengar, atau mungkin baca, selama beberapa pekan terakhir. Jadi saya ingin kalian mendengar yang sebenarnya dari saya.

Sebanyak yang bisa saya bagikan, bukan sebagai pangeran atau seorang duke, namun sebagai Harry, orang yang sama yang banyak dari kalian telah saksikan tumbuh selama 35 tahun terakhir, namun kini dengan perspektif yang lebih jelas.

Inggris Raya adalah rumah saya dan tempat yang saya cintai. Itu tak akan pernah berubah. Saya telah tumbuh dengan perasaan didukung banyak dari kalian, dan saya menyaksikan ketika kalian menerima Meghan dengan tangan terbuka, ketika kalian melihat cinta dan kebahagiaan yang saya harapkan untuk sisa hidup saya. Anak kedua Diana akhirnya berjodoh, hore!

Saya juga mengetahui bahwa kalian telah mengetahui cukup baik soal saya selama ini bahwa wanita yang saya pilih sebagai istri saya mesti memiliki nilai-nilai yang sama dengan saya, dan dia [Meghan Markle] memilikinya.

Dan Meghan adalah wanita yang sama yang saya cintai. Kami berdua melakukan semua yang kami bisa lakukan untuk mengibarkan panji dan menjalankan peran kami untuk negara ini dengan bangga.

Ketika Meghan dan saya menikah, kami bersemangat, kami amat berharap dan kami di sini untuk melayani. Atas dasar itu, saya amat merasa sedih sampai pada hal ini. Keputusan yang saya buat untuk istri dan diri saya sendiri untuk mundur bukan baru-baru ini. Ada berbulan-bulan perbincangan setelah bertahun-tahun berbagai tantangan.

Dan saya tahu saya tak selamanya membuat hal yang benar, namun sejauh ini, tidak ada pilihan lain.

Yang ingin saya jelaskan adalah, kami tidak pergi, dan kami saat ini tidak meninggalkan kalian. Harapan kami adalah untuk melanjutkan melayani Ratu, Persemakmuran, dan lembaga kemiliteran saya, namun tanpa pendanaan dari publik. Sayangnya, itu tidaklah mungkin.

Saya menerima ini karena tahu itu tidak akan mengubah siapa saya atau betapa saya berkomitmen, namun saya berharap ini bisa membantu kalian mengerti apa yang sebenarnya terjadi, bahwa saya akan membawa keluarga saya keluar dari apa yang pernah saya ketahui untuk menuju apa yang saya harap bisa menjadi kehidupan yang lebih damai.

Saya dilahirkan dalam kehidupan seperti ini, dan ini adalah sebuah kehormatan besar untuk melayani negara saya dan Ratu. Ketika saya kehilangan ibu saya 23 tahun lalu, kalian melindungi saya. Kalian memperhatikan saya begitu lama, namun media adalah kekuatan yang besar.

Dan harapan saya adalah suatu hari dukungan kolektif kalian untuk satu sama lain bisa lebih kuat, karena ini jauh lebih besar daripada kita semua.

Sebuah keistimewaan bagi kami untuk melayani kalian, dan kami akan melanjutkan pengabdian kami. Jadi dalam hal itu, tidak ada yang berubah.

Sebuah keistimewaan juga bagi saya bisa bertemu banyak dari kalian, dan merasakan kegembiraan kalian atas putra kami, Archie, yang melihat salju pertama kali kemarin dan itu amatlah brilian.

Saya akan selalu seutuhnya menghormati nenek saya, pemimpin saya, dan saya amat bersyukur luar biasa atas dirinya dan kepada seluruh keluarga saya atas dukungan yang mereka tunjukkan kepada Meghan dan saya selama beberapa bulan terakhir.

Saya akan terus menjadi pria yang sama yang mencintai negerinya dan mendedikasikan hidupnya untuk mendukung perjuangan, amal, dan komunitas militer yang sangat penting bagi saya.

Bersama-sama, kalian telah memberikan kepada saya pendidikan tentang kehidupan, dan peran ini telah mengajarkan saya lebih banyak apa yang benar dan hanya dari yang bisa saya bayangkan. Kami melewati keyakinan kami, jadi terima kasih memberikan saya keberanian untuk langkah selanjutnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close