Sepak Bola

Piala Dunia: Swedia dan Meksiko Lolos ke Babak 16 Besar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Swedia dan Meksiko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dalam laga terakhir grup F di Stadion Central, Yekaterinburg, Rusia, Rabu (27/6).

Pertandingan Meksiko lawan Swedia di babak pertama berlangsung sengit. Swedia yang butuh kemenangan terus menekan lini pertahanan Meksiko. Meksiko juga tak mau mengandalkan permainan bertahan. Mereka coba keluar menyerang dan secepatnya mengunci kemenangan.

Pahlawan Meksiko di babak pertama adalah kiper Guillermo Ochoa. Setidaknya Ochoa sukses dua kali mementahkan peluang emas Swedia untu mencetak gol.

Pertama adalah saat ia menepis tendangan bebas Emil Forsberg di menit keenam. Kedua, adalah ketika ia dengan gemilang menepis tembakan jarak dekat Marcus Berg di menit ke-31.

Namun ketangguhan Ochoa akhirnya luntur di babak kedua. Permainan kolektif Swedia mampu merusak keperkasaan Ochoa di bawah gawang.

Swedia sukses mencuri gol cepat saat pertandingan baru memasuki menit ke-50. Berawal dari umpan Viktor Claesson ke kotak penalti, plus blunder lini pertahanan Meksiko, membuat Ludwig Augustinsson tak terkawal dan sukses melepaskan tembakan keras yang gagal diadang oleh Ochoa.

Keunggulan 1-0 membuat Swedia makin percaya diri menggempur pertahanan Meksiko. Usaha Swedia membuahkan hasil di menit ke-61 saat Marcus Berg dilanggar Hector Moreno di kotak penalti.

Andreas Granqvist yang bertugas sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ia menendang bola ke pojok kanan atas gawang Meksiko, membuat Ochoa tak mampu menggapai bola.

Swedia tak mengendurkan tekanan meski sudah unggul dua gol. Hal itu terbukti ketika mereka menarik Marcus Berg namun tetap memasukkan pemain bernaluri serang lainnya, Isaac Thelin.

Keputusan itu kembali menuai hasil positif. Sundulan Thelin gagal dihalau dengan baik oleh Edson Alvarez. Bola kemudian malah meluncur masuk ke gawang.

Meksiko berusaha mencetak gol balasan di sisa waktu yang ada, namun usaha mereka tak membuahkan hasil. Meksiko sendiri tetap lolos dengan status sebagai runner up grup karena Jerman kalah dari Korea Selatan.

Susunan Pemain

Meksiko (4-2-3-1)
Guillermo Ochoa; Edson Alvarez, Carlos Salcedo, Hector Moreno, Jesus Gallardo (Marco Fabian 65); Andres Guardado (Jesus Corona 75), Hector Herrera; Miguel Layun, Carlos Vela, Hirving Lozano; Javier Hernandez

Swedia (4-4-2)
Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Lindelof, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson, Sebastian Larsson (Gustav Svensson 57), Albin Ekdal (Oscar Hiljemark 80), Emil Forsberg; Marcus Berg (Isaac Thelin 68), Ola Toivonen

KOMENTAR
Tags
Show More
Close