Sepak Bola

Piala Asia U-19 2018, Timnas Indonesia Libas Taiwan 3-1

JAKARTA, SENAYANPOST.com –┬áTimnas U-19 Indonesia mengalahkan Taiwan (Chinese Taipei) dalam pertandingan Piala Asia U-19 2018 (Piala AFC U-19 2018) dengan skor telak 3-1.

Egy Maulana Fikri cs berhasil unggul di laga pertama Grup A Piala Asia U-19 2018 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Kamis (18/10/2018) malam.

Tampil dengan formasi 4-2-3-1, timnas U-19 Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan.

Peluang pertama Indonesia diciptakan Asnawi pada menit-menit awal pertandingan, namun tendangan kerasnya masih sedikit melenceng ke samping gawang Taiwan.

Timnas Indonesia tampil mendominasi, beberapa kali tusukan timnas Indonesia melalui Asnawi dan Saddil gagal menembus pertahanan Taiwan.

Selama 20 menit babak pertama, Timnas U-19 Indonesia bahkan terjebak offside lebih dari 3 kali.

Peluang emas diperoleh Timnas U-19 Indonesia melaui aksi Egy pada menit 33. Egy berhasil meliuk-liuk di kotak penalti Taiwan dan berhasil memperdaya dua pemain Taiwan.

Namun, umpan yang diberikan Egy harus gagal karena sigapnya pemain bertahan Taiwan dalam memotong umpan.

Egy Maulana kembali mendapat peluang pada menit 43. Egy yang berdiri bebas gagal memanfaatkan umpan terarah dari Saddil ke kotak penalti Taiwan.

Timnas U-19 Indonesia yang kesulitan membongkar pertahanan Taiwan mencoba melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, namun buruknya akurasi menyebabkan tendangan-tendangan tersebut kurang terarah.

Sedangkan Taiwan yang tampil bertahan hanya sesekali melancarkan serangan, namun masih belum membahayakan gawang yang dikawal M Riyandi.

Skor 0-0 Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan bertahan hingga akhir babak pertama.
Memasuki babak kedua.

Egy mengancam melalui tendangan dari dalam kotak penalti pada menit 47, namun kiper taiwan masih mampu menepis bola.

Dia akhirnya memecah kebuntuan pada menit 50 usai memanfaatkan kesalahan pemain bertahan Taiwan yang gagal menghalau bola.

Egy yang berhasil merebut bola langsung melesatkan tendangan keras yang tidak dapat diantisipasi kiper Taiwan, Li Guan-pei.

Dua menit berselang, Whang Chung-yu berhasil menyamakan kedudukan.

Hal serupa terjadi pada proses gol ini, memanfaatkan pemain bertahan Indonesia yang gagal memotong umpan langsung dimanfaatkan Whang Chung-yu.

Dia melesatkan bola ke dalam gawang yang dikawal Muhammad Riyandi.

Peluang emas diperoleh Timnas U-19 Indonesia pada menit 64. Witan yang menerima umpan dari Saddil Ramdani melakukan gerak tipu dan melesatkan tendangan keras dari dalam kotak penalti namun peluang tersebut masih belum berbuah gol.

Witan kembali mendapat peluang pada menit 68. Witan berhasil memperdaya pemain bertahan Taiwan dan tinggal berhadapan dengan kiper, namun tendangannya masih belum mampu melewati Li Guan-pei.

Berkali-kali membuang peluang, akhirnya Witan berhasil membobol gawang Taiwan pada menit 71. Gol tercipta melalui skema tendangan bebas.

Egy yang menjadi eksekutor melesatkan tendangan terarah ke gawang Taiwan namun berhasil ditepis Li Guan-pei.

Namun, bola tepisannya langsung disambar Witan melalui sundulan terarah dan mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan Timnas U-19 Indonesia.

Timnas U-19 Indonesia berhasil menambah keunggulan pada menit 89. Egy Maulana Vikri kembali berperan dalam proses gol tersebut.

Egy berhasil memperdaya kiper Taiwan dan langsung memberikan umpan kepada Witan.

Kesempatan emas tersebut langsung dimanfaatkan Witan dengan melesatkan tendangan keras terarah yang mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Skor 3-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Atas hasil tersebut, Timnas Indonesia memuncaki grup A piala Asia U-19 2018.

Susunan Pemain Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan :

Timnas U-19 Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Riyandi; Nur Hidayat, Rachmat Irianto, Asnawi MangkuAlam Bahar, Firza Andika; Muhammad Luthfi Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri; Muhammad Rafli Mursalim

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-19 Taiwan (3-6-1): Li Guan-pei; Hou Pin-I, 4 Fong Shao-chi, Kenneth Huang; Lan Hao-yu, 8Wu Yen-shu, Huang Jyun-wun, Will Donkin, Chiu Po-Jui, Tu Shao Chieh; 11- Whang Chung-yu

Pelatih: Von Ca Nhum

KOMENTAR
Tags
Show More
Close