Nasional

Peternak Bagikan 50.000 Ayam ke Korban Longsor di Sukajaya, Bogor

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Peternak melepaskan puluhan ribu ayam broiler agar bisa diambil atau dibagikan kepada para pengungsi korban longsor di Desa Kiara Pandak dan Urug, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Selasa (14/1/2020).

Informasi tersebut diperoleh dari akun Twitter @sentot_PD, salah satu warga sekitar yang mengunggah video pelepasliaran puluhan ribu ayam jenis broiler di kandangnya. Narasi dalam video tersebut dituliskan di Cigudeg, Bogor. Akibat jalan terputus longsor, peternakan ayam tak dapat pasokan pakan dan juga enggak bisa keluar.

“Pemiliknya melepaskan ribuan ayam yang boleh diambil siapapun penduduk desa, buat makan,” kicau Ki Hajar Karangpandan, pemilik akun Twitter @sentot_PD, Selasa (14/1/2020).

Dalam rekaman video yang viral tersebut, pemilik ternak sumringah melihat warga bebas mengambil berapapun ayam yang dilepasliarkan tak jauh dari peternakannya.

“Ieu teh dibebaskeun kang? (Ini dibebaskan), hadiah dari siapa ini?” kata perekam kepada pemilik ternak.

“Iya daripada mubadzir, dibagikan buat Desa Urug dan Kiara Pandak,” ujar pemilik ternak itu. Di video tersebut juga terlihat belasan warga sibuk mengangkut ayam-ayam yang dilepasliarkan menggunakan karung, bahkan mobil.

Menurut peternak yang enggan disebut namanya, ayam-ayam broiler berbulu warna putih itu ayam siap panen. “Seminggu lagi. (Berat ayam/ekor) 8 – 9 ons kalau untuk fried chicken sudah masuk ini. Cuma akses jalannya terputus,” katanya.

Perekam video tersebut menyebutkan warga berbondong-bondong mengambil ayam dari peternak yang langsung melepasliarkan. “Ini dari PT Japfa, 50.000 ekor,” kata peternak menyambut ucapan perekam video.

Pemilik ternak ayam berharap bisa meringankan beban warga yang tertimpa musibah bencana longsor dan banjir bandang di Sukajaya dan Cigudeg. “Mudah-mudahan terbagi rata semua, satu keluarga dua ekor,” ucapnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close