Pesawat Tabrak Beruang Saat Mendarat

Pesawat Tabrak Beruang Saat Mendarat

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Mungkin tidak akan ada yang percaya, jika beruang mati akibat tertabrak pesawat. Namun ini nyata terjadi.

Seekor beruang mati karena ditabrak sebuah pesawat jet maskapai Alaska Airlines. Peristiwa ini terjadi ketika pesawat mendarat pada Sabtu (14/11/2020) malam, pekan lalu, di Alaska, Amerika Serikat.

Untungnya tidak ada penumpang dan awak yang celaka akibat kejadian itu. Insiden itu juga menyebabkan kerusakan pada pesawat.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (16/11), peristiwa itu terjadi di Bandara Yakutat, di kawasan tenggara Alaska. 

Menurut penjelasan Juru Bicara Departemen Transportasi dan Fasilitas Publik Alaska, Sam Dapcevich, pesawat Boeing 737-700 itu menabrak seekor beruang coklat ketika mendarat.

Sedangkan seekor anak beruang yang diperkirakan berusia dua tahun selamat.

Menurut Dapcevich, kru di darat sebenarnya sudah membersihkan landasan sebelum pesawat itu mendarat. Saat itu mereka tidak melihat ada satwa liar di sekitar landasan.

Akan tetapi, ketika pilot mendaratkan pesawat, dia terkejut karena melihat ada dua beruang melintas di tengah landasan.

"Beruang itu menghindar dari roda pesawat pada bagian hidung, tetapi pilot merasakan ada benturan pada bagian kiri setelah pesawat mendarat," kata juru bicara Alaska Airlines.

Sang pilot lantas melihat bangkai beruang itu terbujur pada jarak enam meter dari tengah landasan.

Akibat insiden itu, tutup mesin pada bagian kiri rusak. Alhasil, pesawat itu tetap berada di Yakutat untuk perbaikan, dan tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Juneau.

Awak di darat lantas menutup landasan bandara dan mengusir hewan liar dengan membuat api unggun.

Bangkai beruang itu lantas dibersihkan oleh awak darat, dan dibawa oleh Departemen Perikanan Alaska.

Insiden tabrakan pesawat dengan hewan liar di Alaska kerap terjadi. Hewan yang tercatat terlibat kecelakaan dengan pesawat adalah rusa hingga rusa kutub. (Jo)