Internasional

Pesan Natal, Paus Fransiskus Soroti Kekerasan & Konflik di Afrika

VATICAN CITY, SENAYANPOST.com – Paus Fransiskus menyampaikan pesan Natal, Rabu (25/12/2019), di Santo Petrus, Vatikan. Paus mengecam serangan terhadap kelompok Kristen di Afrika.

Dia mendoakan para korban konflik mengatasnamakan agama yang terus berjatuhan di benua tersebut.

“Penghiburan bagi mereka yang dianiaya karena keyakinan agama, terutama para misionaris dan anggota umat beriman yang telah diculik, dan kepada para korban serangan kelompok-kelompok ekstremis, terutama di Burkina Faso, Mali, Niger, dan Nigeria,” kata Paus, dikutip dari AFP.

Pemimpin umat Katolik dunia itu juga memberikan perhatian kepada para korban bencana alam atau wabah penyakit serta para imigran yang melakukan penyeberangan laut sangat berisiko ke Eropa untuk mencari kehidupan lebih baik.

“Adalah ketidakadilan yang membuat mereka menyeberangi gurun dan laut yang kemudian menjadi kuburan,” katanya dalam pesan ‘Urbi et Orbi’ atau Kepada Kota dan Dunia.

Paus menambahkan, mereka mengalami berbagai bentuk pelecehan yang tak terungkapkan, segala jenis perbudakan, dan penyiksaan di kamp-kamp tahanan yang tidak manusiawi. Kondisi ini membuat mereka terpaksa meninggalkan kampung halaman untuk mencari kehidupan lebih layak.

“Adalah ketidakadilan yang membuat mereka menjauhi tempat-tempat di mana mereka mungkin berharap untuk kehidupan bermartabat, tapi malah menempatkan mereka di depan tembok ketidakpedulian,” tutur pria 83 tahun itu.

Negara lain yang disebut Paus Fransiskus adalah Republik Demokratik Kongo di mana penduduknya diganggu oleh rasa tidak aman selama 25 tahun akibat kehadiran puluhan kelompok bersenjata lokal dan asing.

“Semoga (Yesus) membawa kedamaian bagi mereka yang tinggal di bagian timur Republik Demokratik Kongo, terkoyak oleh konflik yang berkelanjutan,” kata Paus.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close