Catatan TITO SULISTIO

Pesan kepada “Prinsipal” dan “Agen”!

Rakyat telah memberi mandat kepada para anggota Parlemen untuk menjadi “Prinsipal” menjalankan kedaulatannya. Rakyat juga telah memilih secara langsung seorang Presiden sebagai “Agen” rakyat, yang diberi mandat untuk memilih sekelompok warganegara untuk membantu Presiden menjalankan pemerintahan.

Jadi tolong…

Listen To The Bark!
Secara langsung dengar harapan rakyat. Hiruplah nafas bersama rakyat. Resapi cara berkehidupan rakyat saat ini. Tidak hanya terkesima dengan laporan di kertas, atau celoteh para pembantu yang duduk di menara gading dan bangga dengan arogansi intelektualnya.

Cerahkan Pikiran Rakyat! 
Sosialisasikan kepada masyarakat satu rencana kerja lima tahun ke depan yang strategis dan fokus. Sertakan rencana taktis dan targetnya. Satu rencana yang juga menjadi patokan kerja semua pihak dan pegangan pihak “Prinsipal” untuk menilai keberhasilan kerja.

Berikan Rakyat Pembantu yang Handal!
Adalah hak prerogratif Presiden untuk memilih pembantunya. Tapi jangan lupakan hak rakyat untuk meminta agar pembantu yang dipilih adalah sosok yang handal dan mempunyai rekam jejak positif. Kalau Presiden jabatan politik, Wakil Presiden jabatan politik, pembantu presiden jabatan politik atau hadiah kerja, maka siapa yang jadi direktur handal untuk menjadi “Agen” yang menjalankan pemerintahan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat?.

Negara Harus Hadir!
Prinsipal dan Agen secara bersama harus berada di depan, memberi contoh keteladanan untuk menghilangkan konsumerisme, menjauhi feodalisme dan menistakan hedonisme!. Musuh pembangunan saat ini adalah mereka yang mendahulukan keinginan di depan kebutuhan, pramagmatisme dalam politik praktis, ingin selalu dekat dengan kekuasaan, menganggap partai milik pribadi, kekuasan sebagai alat pamer, mengambil keputusan secara subyektif, dan pamer kekayaan duniawi.

Republik wajib dikelola secara apik!
Profesional, efektif, efisien dan bertanggungjawab!
Bertanggungjawab kepada rakyat sebagai pemberi mandat!

Prinsipal bukan Agen!
Kedaulatan tetap di tangan rakyat!
Prinsipal dan Agen harus bekerja dan berkarya untuk rakyat!
Ingat itu !!!

*TITO SULISTIO adalah Doktor Ilmu Hukum Universitas Pelita Harapan dan Founder Charta Politica Indonesia.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close