Ekonomi

Pesaing Alibaba Kantongi Kucuran dari Google Rp7,7 Triliun

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Google mengucurkan dana hingga USD550 atau sekitar Rp7,76 triliun ke salah satu raksasa e-commerce China, JD.com.

Kendati tak disebutkan jumlah sahamnya, namun, kedua perusahaan ini dalam pernyataannya akan berkolaborasi dalam beberapa inisiatif strategis, termasuk mengembangkan solusi retail bersama di Eropa, Amerika Serikat dan Asia Tenggara.

Dikutip dari TechCrunch, Senin (18/6/2018), kemitraan ini diharapkan dapat menggabungkan pengalaman dan teknlogi yang dimiliki JD.com dalam rantai persediaan dan logistik dengan jangkauan pelanggan, serta data dan marketing milik Google untuk membentuk online retail model baru.

Tahap awal dari kemitraan ini akan berfokus pada JD.com dalam menawarkan produk-produknya ke pelanggan di seluruh dunia melalui platform Google Shopping. Dengan kerjasama ini, maka produk-produk JD.com akan dapat dilihat oleh lebih banyak orang dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk mereka.

Kemampuan JD.com untuk menjangkau konsumen di pasar yang lebih luas tentu akan menjadi saluran baru yang dapat dimanfaatkan ketika hubungan dagang antara China dan Amerika Serikat sedang memburuk.

Dengan suntikan dana ini, JD.com katanya akan terus berinovasi untuk mengungguli kompetitor utamanya Alibaba. JD.com juga telah berinvestasi untuk mengembangkan teknologi gudang otomatis, drone, dan teknologi retail dan logistik lainnya.

Google akan menjadi raksasa teknologi kedua yang berinvestasi di JD.com. Sebelumnya, perusahaan teknologi China, Tencent merupakan salah satu pendonor dana terbesar bagi JD.com. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close