Nasional

Perusahaan Diminta Taati Aturan Lingkungan dalam Jalankan Bisnis

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Seluruh perusahaan diminta patuh terhadap aturan lingkungan hidup dalam menjalankan bisnis mereka. Menjaga lingkungan dinilai merupakan salah satu bentuk menjaga hak-hak orang lain untuk memiliki lingkungan hidup yang baik.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan hal itu ketika memberikan langsung penghargaan Proper ke beberapa perusahaan. Ini merupakan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup atau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Ketaatan ini mesti dijaga, karena bila ketidaktaatan terjadi dalam bentuk pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat operasional industri yang tidak ramah lingkungan, maka pada hakekatnya sama dengan merampas atau mengambil hak orang lain. Sebab, air, udara, dan tanah tempat perusahaan anda berpijak dan beroperasi itu semuanya adalah pinjaman dari anak-anak dan cucu-cucu kita sendiri, pinjaman dari Tanah Air Bumi Pertiwi,” kata Ma’ruf di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Beberapa perusahaan memperoleh Proper di antaranya anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). Penghargaan Proper diberikan karena perusahaan dinilai memiliki komitmen terhadap pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya yang efisien, serta pemberdayaan masyarakat.

Kepala komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana mengatakan, penilaian Proper dari KLHK ini penting untuk menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan bersama dengan Anak Usaha sudah sesuai dengan aturan Pemerintah.

“Selain itu, Penghargaan Proper ini membuktikan bahwa tanggung jawab kami terhadap lingkungan dan masyarakat telah lebih dari taat. Berkat konsistensi mengedepankan mencapai keberlanjutan (sustainability), melalui tiga pilar yaitu Profit, People, dan Planet yang terwujud dalam aktivitas produksi yang ramah lingkungan dan pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kemandirian,” ujarnya.

Beberapa upaya yang dilakukan Perusahaan di antaranya pengelolaan energi yang tersertifikasi ISO 50001, mitigasi emisi gas rumah kaca, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), hingga perlindungan keanekaragaman hayati, seperti konservasi ekosistem terumbu karang, konservasi Orangutan, penanaman ratusan ribu bibit mangrove, reintroduksi hasil laboratorium kultur jaringan, taman keanekaragaman hayati, serta pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program CSR.

Adapun yang meraih penghargaan adalah PT Pupuk Kaltim, dengan peringkat Proper Emas. Kemudian PT Petrokimia Gresik dan PT Pupuk Kujang meraih PROPER Hijau, serta PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Pupuk Sriwidjaja yang meraih Proper Biru.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close