Ekonomi

Perusahaan Besar di Cianjur Diimbau Tak Gunakan TKA

CIANJUR, SENAYANPOST.com – Perusahaan besar di Cianjur diimbau tidak menggunakan tenaga kerja asing (TKA) dan lebih memilih menggunakan tenaga kerja lokal.

“Jangan sampai TKA masuk ke Cianjur, lebih baik gunakan dulu tenaga kerja lokal untuk di setiap bagian agar Cianjur bisa lebih maju dan memiliki daya saing, kami yakin mereka punya kemampuan lebih,” kata Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Jumat (11/5/2018).

Tenaga kerja di Cianjur, menurut dia, sedang digenjot penyerapannya mulai dari sarjana, SMA atau SMK sederajat, hingga mereka yang berpendidikan rendah sekalipun.

“Salah satu upayanya kan kemarin sudah diselenggarakan job fair. Agenda tersebut bisa menyerap banyak tenaga kerja dengan target 2400 serapan tenaga kerja mampu menunjang target daerah setiap tahun,” katanya.

Selama lima tahun, Pemkab Cianjur menargetkan penyerapan hingga 100.000 tenaga kerja. Untuk itu, pihaknya menekankan perusahaan di Cianjur untuk tidak banyak menggunakan tenaga kerja asing.

“Tenaga kerja asal Cianjur memiliki keahlian yang setara atau lebih dibandingkan TKA. Target ini sepertinya ditunjang dengan program dari salah satu Pasangan Calon Gubernur Jabar 2018,” katanya.

Program yang bisa dijalankan di Cianjur adalah pembentukan satu persusahaan mikro untuk setiap desa, sehingga warga Cianjur selatan terutama yang pendidikannya masih sebatas SD tetap dapat bekerja tanpa mesti berangkat sebagai TKI di sektor informal. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close