Lintas Daerah

Pertumbuhan Kubah Lava Merapi Rerata 3.000 M Kubik per Hari

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi – BPPTKG – Yogyakarta mengungkapkan saat ini kubah lava di puncak Gunung Merapi sudah mencapai 308.000 meter kubik.

“Kecepatan pertumbuhan paling banyak sempat mencapai 6.000 meter kubik per hari. Tetapi jika dirata-rata, sekitar 3.000 meter kubik per hari. Pertumbuhan terjadi di tengah kawah sehingga kondisi kubah lava cukup stabil,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani, Selasa di Yogyakarta, Senin.

Dikatakan, volume yang ada saat ini masih jauh dari volume maksimal kawah Merapi yaitu 10 juta meter kubik.

Menurut dia, hingga saat ini kubah lava tersebut terus tumbuh dan berkembang. Akibat pertumbuhan itu, lanjutnya, maka guguran lava akan sering terjadi dan meningkat seiring dengan meningkatnya volume kubah lava.

Jika volume kubah lava yang ada saat ini, 308.000 meter kubik, sebagian besar runtuh, maka diperkirakan jarak luncur guguran kubah mencapai sekitar 2,2 kilometer condong ke arah bukaan yang berada di sisi tenggara gunung atau ke arah Sungai Gendol.

Selain guguran, BPPTKG juga menyatakan, juga telah terjadi guguran lava.

Ia menjelaskan guguran lava yang terjadi pekan lalu berasal dari lava yang berada di tepi kubah karena posisinya tidak terlalu stabil sehingga mudah runtuh. Guguran lava juga masih terjadi di dalam kawah. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close