Lintas Daerah

Pertamina Siapkan SPBU Mobile Layani Mudik Lebaran

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Menghadapi kebutuhan BBM saat mudik lebaran, Pertamina menyiapkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) modular atau yang sifatnya “mobile” di jalur mudik Lebaran 2018 yang akan ditempatkan di jalur yang jaraknya cukup panjang dan tidak terdapat SPBU.

“Kami menyiapkan SPBU yang bisa keliling itu untuk mengantisipasi kendaraan yang membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) selama perjalanan di jalur mudik Lebaran, agar mereka tidak kehabisan bahan bakar,” kata Officer Communication dan CSR Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) Eddie Mangun, Jumat (25/5/2018).

Eddie Mangun mengatakan General Manager Pertamina MOR V Ibnu Chouldum sudah menyusuri tol di Jawa Timur untuk melihat titik area istirahat atau “rest area” dan lokasi lain yang belum siap dengan SPBU, namun bisa dipasang SPBU modular.

“Ada beberapa jalur tol di Jatim yang rest areanya tidak memiliki SPBU, sehingga Pertamina juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan bertemu dengan Gubernur Jatim untuk membicarakan hal itu,” tuturnya.

Eddie menjelaskan Pertamina juga sudah melakukan pemetaan di titik-titik mana saja yang harus disediakan SPBU modular untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat karena Pertamina adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tidak hanya mengejar keuntungan, namun memiliki tanggung jawab menyediakan BBM bisa sampai ke masyarakat dengan cara yang efektif dan efisian.

“SPBU modular merupakan salah satu solusi untuk mengatasi sejumlah titik yang rawan bahan bakar, sehingga Pertamina akan menerapkan SPBU modular tahun ini di jalur mudik,” katanya.

Eddy juga memastikan pasokan BBM di wilayah MOR V yang meliputi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara juga akan ditambah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2018.

“Kami prediksi kenaikan BBM pada Ramadhan dan Lebaran 2018 sekitar 5 persen hingga 14 persen dengan puncak konsumsi BBM pada 9-10 Juni 2018, atau sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close