Ekonomi

Pertamina Buat Jokowi Geleng-geleng Kepala

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi dibuat geleng-geleng oleh PT Pertamina (Persero) tekait dengan kegiatan pencarian minyak dan gas‎ yang tak mengalami perkembangan signifikan.

Jokowi bercerita, perkembangan industri migas di Indonesia sangat besar. Pengaruh industri migas di ekonomi juga sangat besar. Ia mengatakan industri migas telah menginvestasi ratusan triliun rupiah di Tanah Air.

Lantaran jumlah investasi yang cukup besar, kata Jokowi, para politikus dibuat gemetar oleh para pengusaha. Namun, dia mengaku merasa biasa-biasa saja.

“Inilah industri dengan nama besar dengan tokohnya yang membikin gemetar para politikus, tapi untuk saya ya biasa saja,” kata Jokowi saat membuka The 42nd Indonesia Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition di Jakarta, Rabu (2/5).

Jokowi menambahkan, belakangan ini dirinya dibuat geleng-geleng kepala oleh Pertamina. Dari informasi yang didapatnya, Pertamina melakukan kegiatan pencarian migas sejak 1970-an, tetapi sampai saat ini belum melakukan kegiatan eksplorasi besar. Dia pun mempertanyakan hal tersebut.

“Sebagai contoh, Pertamina, informasi saya terima sejak 70-an, tidak pernah eksplorasi dalam jumlah besar sampai saat ini, yang ada kecil-kecil. Ini ada apa?” ujarnya.

Untuk membuat kegiatan pencarian migas di Indonesia bergairah, Jokowi perintahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memang regulasi dan peraturan yang ada pada instansi tersebut. Hasilnya, 186 peraturan yang menghambat pengembangan industri hulu migas berhasi dipangkas.

Jokowi juga berharap, dengan adanya penyederhanaan perizinan dan peraturan dapat memudahkan para investor menanamkan modal sehingga dapat menggairahkan investasi pada sektor hulu migas nasional.

“Sudah dipangkas 186 yang membuat ruwet bikin bertele-tele, yang upstream ada 14. Kita harap bisa lebih sederhanakan, memudahkan sehingga investasi lebih banyak masuk ke negara kita,” pungkas Jokowi. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close