Ekonomi

Perlu Kaderisasi SDM, Pengelola Koperasi Orang-orang “Sepuh”

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Indrawan mengungkapkan, berdasarkan hasil survie, 83 persen sumber daya manusia (SDM) sektor usaha mikro kecil menengan (UMKM) Indonesia berpendidikan SMP ke bawah, sementara di sektor koperasi, anggota dan pengelolanya umumnya orang-orang ‘sepuh’ atau sudah tua.

Padahal, tantangan koperasi dan UMKM ke depan khususnya dalam menghadapi era digitalisasi atau era industri 4.0 semakin berat.

“Karena itu, perlu adanya kaderisasi SDM di sektor koperasi serta upaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme SDM di bidang koperasi dan UMKM,” kata Rulli Indrawan, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Untuk itu, lanjutnya, Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Pengembangan SDM dan deputi terkait lainnya terus berupaya untuk mengatatasi masalah tersebut. Upaya-upaya itu di antaranya dengan melakukan berbagai pelatihan, dan bimbingan teknis (bimtek) yang digelar  di hampir seluruh daerah.

Dalam melakukan pelatihan dan bimtek, Kemenkop tidak melakukan sendiri, tetapi dibantu Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) melalui Lapenkop (Lembaga Pendidikan Perkoperasian). “Setiap tahun tak kurang 300 pelatihan dilaksanakan di hampir seluruh daerah di tanah air,” ungkap Rulli.

Selain itu, lanjut dia, pihak Kemenkop dan UKM sangat menghargai apa yang dilakukan oleh daerah melalui Balatkop (Balai Latihan Tenaga Koperasi) yang turut meningkatkan kualitas SDM koperasi dan UKM.

Rulli mengakui masih ada sejumlah kendala teknis, baik di pusat maupun daerah terkait peningkatan SDM koperasi dan UKM tersebut. Kendala itu di antaranya, tata kelola lembaganya, dari sisi pendidiknya yang harus perlu melakukan perubahan berfikir, dan isi materi pelatihannya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close