Perkampungan Warga di Bengkalis Dimasuki 14 Ekor Gajah Liar

Perkampungan Warga di Bengkalis Dimasuki 14 Ekor Gajah Liar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Perkampungan warga di Desa Seminai, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, dimasuki kawanan gajah sumatera pada Selasa (4/8/2020).

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Heru Sutmantoro mengatakan, gajah tersebut berjumlah sekitar 14 ekor.

“Kawanan gajah ini berasal dari kantong Giam Siak Kecil,” sebut Heru kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Selasa.

Dia menyebutkan, untuk mengantisipasi konflik satwa dengan manusia, petugas gabungan dari BBKSDA Riau, Pusat Latihan Gajah (PLG) Sebanga, Polri dan Manggala Agni sudah turun ke lokasi.

“Berdasarkan pemantauan, mulai tadi malam berada di sekitar PLG Sebanga Sarang Rimbun. Masuk ke perkebunan masyarakat tadi pagi,” kata Heru.

Namun, pada sore harinya rombongan gajah digiring tim menuju perkebunan sawit PT AD. Pergerakan gajah akan terus dipantau dan digiring agar kembali lagi ke Giam Siak Kecil.

“Pergerakan gajah terus kami pantau untuk antisipasi terjadinya konflik. Tim sudah diturunkan ke lokasi. Rekan-rekan PLG Sebanga Duri bersama tim dari Rimba Satwa Foundation,” kata Heru. (WS)