FeaturesGaya HidupKriminalNasionalSosial Budaya

Perempuan Bukan Tempat Pelampiasan Laki-laki

Saat ini seringkali kita mendengar dan melihat berita yang menyangkut kekerasaan terutama kekerasan terhadap perempuan. Di Indonesia angka kekrasan terhadap perempuan terbilang cukup tinggi.
Bahkan setiap hari kita bisa mendengar dan melihat tindak kekerasan yang dialami perempuan melalui media masa, baik dari televisi, koran majalah, internet dan sebagainya.
images
Kekerasan terhdapat perempuan bukan hanya terjadi didalam rumah tangga, akan tetapi terjadi juga pada pasangan muda yang belum sah mejadi suami istri (pacaran). Menurut Komnas Perlindungan Perempuan angka kekerasan terhadap perempuan semakin meningkat tiap tahunnya.
Pada tahun 2016 ini saja sudah tercatat 321.752 jenis kekerasan terhadap perempuan. Angaka tersebut berdasarkan dari kasus yang sudah diterima dan diolah oleh Komnas Perempuan
[2].Perempuan sering sekali dijadikan sebagai tempat pelampiasan oleh laki-laki. Bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia perempuanlah yang paling banyak tertindas oleh laki-laki. meskipun sekarang ini sudah ada hukum yang mengatur tentang perlindungan perempuan, tapi tindak kekerasan terhadap perempuan selalu saja tinggi dan belum bisa sepenuhnya teratasi baik oleh pemerintah maupun masyarakat.
Kekerasan terhadap perempuan ini terjadi karena laki-laki sering kali menganggap dirinyalah yang paling kuat dan perempuan itu lemah, dan juga perempuan sering kali dianggap sebagai pemuas nafsu laki-laki.
Pada saat ini saja. Kasus kekerasan terhadapa perempuan yang paling banyak dibicarakan di koran, televisi, internet dan sebagainya adalah kasus kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga, dimana si istri yang sedang hamil dibunuh dan dimutilasi oleh pelaku yang merupakan suami dari korban sendiri.
Bukan hanya itu, kasus kekerasan terhadap perempuan juga masih banyak terjadi di daerah-daerah pedesaan. Salah satu contoh, beberapa waktu yang lalu pernah terjadi pelecahan seksual di suatu desa di Lombok Timur, dinama yang menjadi korban adalah seorang perempuan yang masih duduk di bangku SMA kelas 2.
culik-370x282
Korban ketika pulang sekolah dijemput oleh pacarnya dan diajak pergi jalan-jalan kepantai, akan tetapi sesampainya di pantai tempat tujuannya, sikorban diperkosa oleh pacar dan empat temannya pacarnya secara bergiliran dan ditinggal begitu saja ditempat kejadian. Ketika korban ini ditemukan oleh orang kebetulan lewat di sekitar sana sudah dalam keadaan lemas dan tidak sadarkan diri.
Kedua kasus tersebut merupakan sebagian kecil dari kasus tindak kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di Indonesai ini. Dampak yang seringkali timbul dari tindak kekerasan terhadap pererempuan terlihat dari
images
1) Kesehata fisik, berupa :
a) Gangguan kesehatan yang kronis
b) Terinfeksi penyakit yang seksual yang nemular
c) Perilaku seksual beresiko
d) Kehamilan yang tidak diinginkan.
2) Kesehatan Mental, berupa:
a) Depresi
b) Ketakutan
c) Harga diri rendah
d) Gangguan stres pasca trauma dan seterusnya
[3]. Permasalah ini tidak bisa ditanggani hanya melalui komnas perempuan, akan tetapi, permasalahan ini adalah permasalah yang harus dihadapi bersama. Laki-laki juga harus ikut berperan dalam hal ini, jangan hanya bisa menganggap perempuan itu sebagai tempat pelampiasan sesuka hati.
Karena pada dasarnya perempuan dan laki-laki itu sama. Kekerasan bukanlah jalan keluar dari suatu masalah, melainkan kekerasan akan menambah masalah. Oleh karena itu, jika kita memiliki masalah jangan terlalu capat mengambil tindakan kekerasan sebagai jalan utama.
images
Langkah baiknya dibicaran dengan kepala yang dingin dan dalam suasana hati yang baik. Ingat, kekerasan bukan sebagai jalan keluar, tetapi kekerasan menambah masalah. Perempuan juga memiliki hhak yang sama seperti laki-laki, begitu juga sebaliknya laki-laki juga memliki hak yang sama seperti perempuan.
Laki-laki dan perempauan dimata tuhan itu sama, yang membedakan hanyalah jenis kelaminnya. Pemikiran tentang perempuan itu lemah dan hanya sebagai pemuas nafsu laki-laki harus dihilangkan.
Sebagai laki-laki yang menganggap dirinya kuat, seharusnya melindungi dan menjaga perempuan itu. Jangan menyakitinya bahkan sampai menghilangkan nyawanya

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close