Lintas DaerahTak Berkategori

Perekaman e-KTP Surabaya Capai 98 Persen

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Dinas Pencatatan Kependukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya mengklaim pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik di Kota Pahlawan hingga saat ini sudah mencapai 98 persen atau 2.059.670 warga.

“Perekaman KTP elektronik saat ini tinggal 2 persen atau sekitar 48.820 warga,” kata Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo, Jumat (11/5/2018).

Menurut dia, pihaknya terus jemput bola dengan menggelar pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik dengan menggunakan mobil keliling di semua kecamatan di Kota Surabaya.

Suharto mengatakan pelayanan KTP elektronik dengan menggunakan mobil keliling sudah dijadwalkan sejak 2 April hingga 16 Mei 2018. Untuk pelayanan pertama di lakukan di Kecamatan Bubutan dan berakhir di Kecamatan Lakarsantri.

“Saat ini di Kecamatan Pakal dan pada 14 Mei akan digelar di Kecamatan Benowo,” katanya.

Suharto Wardoyo berharap target penyelesaian KTP elektronik bisa selesai akhir 2018. Kendati demikian, ia mengaku masih cukup banyak warga Surabaya yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Salah satu alasan masih banyaknya warga yang belum melakukan perekaman, lanjut dia, dipengaruhi beberapa faktor di antaranya banyak warga yang tidak ada di tempat ketika pihak kecamatan hendak melakukan pendistribusian KTP elektronik yang sudah tercetak.

Ada beberapa upaya yang dilakukan Dispendukcapil untuk mempercepat perekaman KTP elektronik di antaranya melakukan perekaman kepada orang-orang yang berada di dalam penjara, mendatangi sekolah-sekolah SMA, bekerja sama dengan kecamatan dan kelurahan untuk mensosialisasikan kepada warga, dan mendatangi para lansia yang berada di rumah sakit serta Liponsos.

“Salah satunya juga memberikan pelayanan dengan menggunakan mobil keliling ke kecamatan-kecamatan,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close