Internasional

Percobaan Kudeta di Ethiopia, Empat Pejabat Terbunuh

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Percobaan kudeta militer terjadi di Ethiopia, tepatnya di negara bagian Amhara, Sabtu (22/6). Empat pejabat dilaporkan tertembak dalam kudeta yang didalangi seorang jenderal tersebut.

Diberitakan Reuters, yang tewas dalam peristiwa itu adalah Presiden negara bagian Amhara, Ambachew Mekonnen, penasihatnya, seorang pejabat pemerintah, dan kepala staf Amhara, Seare Mekonnen. Menurut media setempat, kepala keamanan negara bagian Amhara, Jenderal Asamnew Tsige, adalah otak di balik kudeta tersebut.

Peristiwa ini terjadi di tengah rapat antara Mekonnen dengan para stafnya di ibu kota Amhara, Bahir Dar. Ketika itu mereka tengah membicarakan perekrutan terbuka kelompok bersenjata etnis yang digagas Asamnew. Di tengah rapat, para pelaku mengeluarkan senjata dan menembak mati pejabat.

Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengatakan kudeta itu telah gagal. Abiy mengatakan, Seare ditembak oleh ajudannya sendiri. “Dia ditembak oleh orang-orang yang dekat dengan dia,” kata Abiy.

Kepala pasukan khusus Amhara, Brigadir Jenderal Tefera Mamo, mengatakan para pelaku kudeta sebagian besar berhasil ditangkap. “Masih ada yang kabur,” ujar Tefera.

Peristiwa ini terjadi di tengah konflik antaretnis yang marak terjadi di Ethiopia, negara yang berpenduduk 100 juta orang. Menurut PBB, konflik di negara Tanduk Afrika itu telah menyebabkan 2,4 juta warganya mengungsi.

Sejak memimpin tahun lalu, Abiy berusaha melakukan reformasi politik besar-besaran. Dia membebaskan tahanan politik, menghapuskan larangan partai politik, dan menghukum para pejabat yang melakukan pelanggaran HAM berat.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close