Nasional

Percepat Pembangunan Lampung, Ini Instruksi Jokowi

BANDAR LAMPUNG, SENAYANPOST.com –– Pembangunan infrastruktur di Provinsi Lampung menjadi perhatian Presiden Joko Widodo.

Besarnya perhatian ini, ditunjukkan dengan instruksi percepatan pembangunan yang ada. Berikut ini instruksi Presiden Jokowi:

Pertama, Presiden Jokowi sudah memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menjadikan Bandar Udara Radin Inten II, Bandar Lampung, sebagai bandar udara internasional.

“Pemerintah akan menetapkan Bandara Lampung, Radin Inten II menjadi bandara internasional. Saya sudah perintahkan Menhub,” ujar Presiden Jokowi di sela kesibukan kunjungan kerjanya di Provinsi Lampung, Sabtu (24/11/2018).

Setelah bandara berubah statusnya menjadi internasional, akan dibuka penerbangan langsung Lampung-Singapura dan sebaliknya.

Jokowi yakin pertumbuhan ekonomi Lampung akan semakin baik dengan perubahan status Bandara Radin Inten II tersebut.

Kedua, Presiden Jokowi juga memerintahkan Menteri Perhubungan agar menjadikan Pelabuhan Bakauheuni menjadi dermaga eksekutif. Harapannya, pelayaran, baik barang maupun orang di pelabuhan tersebut akan semakin cepat.

Dengan demikian, konektivitas Jawa-Sumatera semakin tinggi dan distribusi barang menjadi semakin lancar.

Ketiga, Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol Trans Sumatera, khususnya ruas Bakauheuni-Terbanggi Besar sepanjang sekitar 140 kilometer akan resmi beroperasi pada Desember 2018 mendatang.

“Sementara, tol yang ke Palembang antara April dan Mei (2019) beroperasi. Kepingin saya sih April saja. Tahu kan kenapa? Kemarin waktu saya cek lapangan, dibilang antara Juni selesai. Saya lalu tawar, maunya April. Ditanya, kok April, Pak? Saya jawab, masak enggak tahu sih?” ujar Jokowi

Diketahui, pelaksanaan Pemilihan Presiden bersamaan dengan Pemilihan Anggota Legislatif serentak dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

“Kalau orang lapangan kan enggak ngerti yang begitu-begitu. Setelah saya jelaskan, oh ya ya ya Pak. Nanti akan saya hitung lagi,” lanjut Jokowi.

Terakhir, Presiden Jokowi berjanji akan membangun Pasar Smep di Bandar Lampung. Sebab, berdasarkan keluhan perwakilan pedagang pasar, pasar tersebut tidak kunjung dibangun semenjak lima tahun lalu.

“Setelah saya cek, ternyata ada masalah hukum di situ. Saya jawab, tahun depan akan dibangun dari pemerintah pusat,” lanjut Jokowi.

Salah seorang warga Lampung, Sonia Elisa Fitri (18) gembira dengan instruksi Jokowi tersebut. Khususnya soal perubahan status Bandara Radin Inten II menjadi internasional.

Sonia yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga salah satu toko oleh-oleh di Bandara Radin Inten II itu berharap perubahan status bandara dipercepat. Selain itu, ia juga berharap perubahan status tidak sampai mengurangi toko oleh-oleh di bandara. Bahkan, kalau bisa ditambah.

“Saya sih senang ya, artinya kan semakin ramai. Asal Pak Jokowi jangan janji saja. Tapi segera dibuktikan. Selain itu juga diubah jadi internasional, toko oleh-oleh khas Lampungnya diperbanyak, biar tambah ramai,” ujar Sonia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close