Ekonomi

Percepat Masuknya Investasi, Pemerintah Siap Pangkas 72 Aturan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan omnibus law untuk 72 aturan yang menghambat regulasi dan akan dipangkas selama 1 bulan.

Menurut Luhut, langkah ini diambil untuk mempercepat masuknya investasi langsung ke Indonesia. Ia menambahkan, 72 UU yang dikaji tersebut memang tidak selaras dengan konteks ekonomi saat ini. Karena banyak induk aturan bisnis di Indonesia masih mengacu pada produk yuridis warisan Belanda.

“Dengan omnibus law, kita ingin selesaikan. Sekarang sedang dikerjakan oleh kantor Setkab dengan Kemenko Perekonomian selama satu bulan,” kata Luhut di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Dia menilai, regulasi masih menjadi salah satu alasan investor asing khususnya sektor manufaktur beranjak dari Indonesia dan masuk ke negara lain. Sebut saja misalnya Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Kerumitan arus perizinan di Indonesia juga diperparah dengan masih ramainya praktik usaha yang tidak sehat.

“Sistem kita masih memungkinkan membuat peluang untuk orang menahan izin. Yang mau usaha jadi bingung. Itu akan menimbulkan ketidapastian dan malas ke Indonesia,” paparnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan hal senada bahwa ekosistem investasi harus diperbaiki, termasuk pemangkasan atas 72 UU yang dianggap memberatkan investasi.

Dia juga membenarkan banyak UU yang diproduksi pada 1980-an, 1990-an, atau bahkan zaman penjajahan Belanda yang belum sepenuhnya direvisi.

“Produk UU zaman Belanda mindset-nya adalah kolonial terhadap koloni dan bukan untuk serve the people atau memperbaiki lingkungan agar kesempatan tercipta dan investasi terjadi,” jelas Sri Mulyani. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close