EkonomiInternasional

Perang Dagang Bikin AS Berubah Jadi Negara Sosialis

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menilai sistem pemerintahan Amerika Serikat (AS) kini berubah menjadi sosialis. Hal ini terjadi sejak perang dagang AS dan China berhembus 2018 lalu.

Padahal, AS terkenal sebagai negara yang ekstrim kapitalis, yakni menyerahkan aktivitas ekonominya ke pasar. Namun saat ini, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump terkesan seperti mengontrol penuh kebijakan di Negeri Paman Sam tersebut.

“Negara kapitalis ini kan menyerahkan ekonomi ke pasar. Negara sosialis ini mengontrol,” ucap Jusuf Kalla, Kamis (17/10).

Di sisi lain, China juga dinilai berubah menjadi kapitalis dari sebelumnya yang sosialis. Jusuf Kalla menganggap China kini lebih terbuka.

“Kebalikan itu dari AS. Semua berbalik akibat kejadian ini (perang dagang),” ucap Jusuf Kalla.

Diketahui, perang dagang AS dan China sudah berlangsung selama hampir dua tahun. Namun, dua negara itu baru saja menyepakati sebagian persyaratan dalam perundingan untuk mengakhiri perang dagang. Setidaknya, ada enam prinsip yang menjadi kesepakatan dua negara itu.

Mengutip AFP, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan kemungkinan kesepakatan tahap pertama itu bakal diteken bersama dengan perwakilan China di sela-sela pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Chile pada November mendatang.

“Kami sudah mencapai kesepahaman dalam beberapa masalah mendasar, tetapi tentu saja masih ada hal yang dikerjakan. Kami tidak akan menandatangani perjanjian jika kami tidak bisa mendapatkan dan menyampaikan kepada presiden bahwa semua tercantum di atas kertas,” ujar Mnuchin. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close