Nasional

Penyelewengan Dana Desa Menurun

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekretaris Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Hi Mukhlis menyatakan penyelewengan dana desa menurun.

“Penurunan ini tercermin dari penurunan jumlah kasus penyelewengan dana desa yang ditangani aparat penegak hukum,” kata Mukhlis, Minggu (9/12/2018).

Dari data yang kita miliki, lanjutnya, pada 2017 kemarin penyelewengan dana desa yang ditangani penegak hukum mencapai 1.000 kasus. Tapi saat ini, jumlah kasus tinggal 826.

“Penurunan penyelewengan tersebut salah satunya terjadi akibat usaha giat yang dilakukan oleh kementeriannya dalam memperbaiki proses pengawasan penggunaan dana desa,” katanya.

Sebagai informasi, dalam meningkatkan pengawasan penggunaan dana desa, Kementerian Desa telah menggandeng polisi dan KPK.

“Selain pelibatan tersebut, agar penyelewengan menurun kami juga terus melakukan pelatihan guna memperkuat kapasitas kepala daerah dalam menggunakan dana desa,” katanya.

Kerja sama perbaikan pengawasan juga dilakukan Kementerian Desa dengan pemerintah daerah. Mukhlis mengatakan agar penggunaan dana desa efektif dan sesuai aturan, pihaknya juga membangun koordinasi dan komitmen dengan pemerintah daerah.

Ia mengatakan saat ini Kementerian Desa sudah membuat nota kesepahaman dengan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, aparat penegak hukum. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close