Hidup Sehat

Penyebab Mulut Terasa Pahit

Penyebab Mulut Terasa Pahit
Foto-halodoc

BAGIAN mulut atau lidah umumnya terasa pahit ketika kita kelar makan sayur pare, minum kopi hitam, atau jamu. Namun, Anda perlu waspada jika mulut terasa pahit padahal tidak habis mengonsumsi makanan atau minuman bercitarasa pahit.

Hal itu bisa jadi tanda penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Berikut beberapa penyebab kenapa mulut terasa pahit:

1. Mulut kering
Melansir Medical News Today, mulut kering merupakan salah satu penyebab mulut terasa pahit.

Kondisi ini membuat mulut minim air liur. Sebagai informasi, air liur membantu mengurangi bakteri di mulut. Saat mulut kering, praktis banyak bakteri yang bertahan di sana.

Mulut kering dapat disebabkan efek samping obat tertentu, merokok, atau hidung tersumbat.

2. Masalah gigi
Alasan kenapa mulut pahit juga bisa berasal dari masalah gigi seperti gigi berlubang, infeksi di mulut, sampai penyakit dan radang gusi.

Masalah gigi ini bisa dicegah dengan rutin membersihkan gigi dan lidah sampai tuntas.

Menggunakan obat kumur anti-bakteri juga dapat membantu meminimalkan bakteri biang sakit gigi dan mulut pahit.

3. Kehamilan
Penyebab mengapa mulut terasa pahit dapat berasal dari kehamilan. Mulut terasa pahit merupakan tanda awal kehamilan.

Hormon di dalam tubuh naik turun selama kehamilan. Perubahan ini dapat memengaruhi indra, termasuk indra perasa atau lidah.

Kondisi ini wajar di trimester awal kehamilan. Mulut terasa pahit saat hamil umumnya sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan.

4. Sindrom mulut terbakar
Salah satu gejala sindrom mulut terbakar adalah mulut terasa pahit dan panas seperti habis makan makanan pedas.

Dilansir dari Healthline, penyebab sindrom mulut terbakar adalah kerusakan saraf di mulut. Gejala sindrom mulut terbakar bisa muncul secara berkala, tapi ada juga yang merasakan rasa tak nyaman ini berkepanjangan.

Bahkan, ada sejumlah penderita yang sampai susah makan atau minum saking tak enaknya kondisi mulut.

5. Menopause
Wanita yang mengalami menopause kerap merasakan lidahnya terasa pahit. Hal itu dipengaruhi penurunan hormon estrogen di dalam tubuh.

Imbas dari perubahan hormon ini tak jarang menyebabkan mulut kering sampai sindrom mulut terbakar.

6. Asam lambung naik
Alasan kenapa mulut terasa pahit yang cukup umum yakni asam lambung naik atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Kondisi ini bisa terjadi saat otot atau klep di bagian atas lambung melemah, sehingga asam lambung dari pencernaan naik ke kerongkongan.

GERD yang mengiritasi pipa makanan dapat menyebabkan rasa panas atau nyeri di perut atas sampai ke dada. Selain itu, asam lambung naik juga memicu rasa pahit di mulut.

7. Sariawan
Seriawan atau sariawan juga menyebabkan mulut terasa pahit. Penyebab gangguan kesehatan mulut ini bisa berasal dari infeksi jamur.

Mulut terasa pahit karena sariawan bisa bertahan lama apabila infeksinya belum diobati.

8. Stres dan cemas
Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi dapat merangsang renspons stres di dalam tubuh. Hal itu tak jarang memengaruhi indra perasa seseorang. Selain itu, rasa cemas juga menyebabkan mulut kering dan terasa pahit.

9. Kerusakan saraf
Penyebab mulut terasa pahit  berkepanjangan atau kronis lainnya yakni kerusakan saraf. Kondisi ini bisa disebabkan cedera kepala, epilepsi, penyakit multiple sclerosis, tumor otak, bell’s palsy, sampai demensia.

Seperti bagian indra lainnya, indra perasa langsung terhubung ke pusat saraf di otak.

Kerusakan saraf dapat memicu perubahan cita rasa termasuk munculnya rasa pahit di lidah atau mulut.

10. Efek samping obat dan suplemen tertentu
Mulut terasa pahit dapat muncul setelah seseorang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu. Hal itu dipengaruhi kandungan atau bahan di dalam obat.

Beberapa obat yang memiliki efek samping mulut terasa pahit antara lain sejumlah antibiotik, obat jantung, suplemen vitamin yang mengandung logam, serta obat lithium.

Perawatan kemoterapi dan radiasi pada penderita kanker juga dapat menyebabkan mulut terasa pahit dan asupan terasa tidak enak.

11. Infeksi atau sakit tertentu
Penderita infeksi penyakit tertentu seperti pilek atau sinus juga jamak merasakan mulutnya terasa pahit saat sakit. 

Hal itu disebabkan tubuh mengirimkan protein peradangan untuk menangkap sel berbahaya biang penyakit. Protein ini dapat memengaruhi indra pengecap, sehingga mulut terasa lebih pahit ketimbang kondisi biasanya.

Cara mengatasi mulut terasa pahit disesuaikan dengan penyebab mendasarnya. Konsultasikan ke dokter jika masalah kesehatan ini membuat tidak nyaman atau sampai memengaruhi nafsu makan. (*)