Ekonomi

Penurunan Harga Tiket Pesawat Baru Dirasakan Menjelang Lebaran

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Keputusan pemerintah untuk menurunkan tarif batas atas dalam kurun waktu seminggu ke depan akan berdampak positif. Kebijakan ini akan efektif dalam menurunkan tarif tiket pesawat kelas ekonomi bagi penerbangan domestik.

Meski, penurunan tarif tersebut baru akan dirasakan masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

“Kalau batas atasnya diturunkan jelas efektif dong,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Darmin menjelaskan saat ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah mematangkan perhitungan penurunan tarif batas atas tiket pesawat dan dijanjikan rampung pada pekan depan. Setelah itu, Budi Karya sekiranya akan mengeluarkan payung hukum terkait penurunan tarif batas atas tersebut.

Bila penurunan tarif batas atas telah berlaku, maka Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akan mengimbau dan memantau penurunan tarif tiket pesawat yang dijual oleh maskapai nasional, seperti PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

“Beliau (Budi Karya) mengatakan akan review berapa jauh bisa turun. Menteri BUMN bilang kalau aturan batas atasnya diubah, mereka akan ikut,” jelasnya.

Menurut Darmin, jurus penurunan tarif batas atas tiket pesawat dalam kurun waktu seminggu merupakan jalan tengah dari permasalahan tingginya tarif tiket pesawat dalam beberapa bulan terakhir. Sebab, Kementerian Perhubungan sudah tidak bisa mengatasi masalah ini dengan himbauan kepada maskapai.

Sementara Kementerian BUMN juga tidak bisa meminta Garuda Indonesia untuk menurunkan tarif tiket pesawat yang dijualnya. “Menteri BUMN mengatakan ‘saya tidak akan intervensi, tapi kalau itu diturunkan, tiketnya juga turun’ begitu,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close