Ekonomi

Pengusaha: Perang Dagang AS-China Peluang bagi Indonesia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dengan China dapat memberi peluang bagus bagi perekonomian Indonesia.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani, kita mempunyai peluang yang cukup bagus untuk ekspor kita saat terjadinya perang dagang itu.

“Namun kita memang harus merapikan kembali kepada tim kita,” kata Haryadi Sukamdani, usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Menurut Haryadi, tim yang perlu diperkuat yakni tim negosiasi untuk perjanjian perdagangan internasional, maupun penunjang perdagangan seperti dana promosi.

Haryadi juga menilai industri Indonesia dapat mengisi produk-produk turunan dari komoditas yang ada di Indonesia, bukan hanya mengekspor bahan mentah.

Dia menjelaskan industri dapat mengambil peluang kepada celah yang memiliki persaingan yang lebih kecil.

“Kita misalnya turut mengekspor untuk mengembangkan turunan kelapa sawit. Kita cari nilai tambah yang negara lain tidak punya,” ujar Haryadi.

Pada Kamis siang, sejumlah menteri dan pimpinan lembaga pemerintah menemui Presiden Joko Widodo membahas peluang dan ancaman bagi Indonesia dalam perang dagang AS-China. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close