Nasional

Penggantian Proyek Pesawat jadi Drone Perlu Pertimbangan Sistem Pertahanan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Penggantian proyek pesawat R80 dan N245 menjadi proyek drone dalam usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) harus dengan pertimbangan sistem pertahanan Indonesia selain pertimbangan profesional ekonomi.

Karena selain penting untuk menggerakkan ekonomi, proyek strategis nasional juga harus mempertimbangkan ancaman pertahanan.

“Penting memang proyek pemerintah harus dapat menciptakan lapangan kerja dan punya dampak tenaga kerja intensif besar,” kata Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Namun, lanjutnya, harus juga dengan pertimbangan strategi pertahanan menghadapi ancaman.

“Jika pertimbangan mengganti proyek pesawat dengan drone berada dalam ranah pertahanan, itu harus didukung,” kata Willy ketika merespons rencana Kementerian Koordinator Perekonomian mengusulkan penggantian proyek pesawat R80 dan N245 menjadi proyek drone dalam usulan PSN.

Pergantian tersebut merupakan bagian dari 89 rekomendasi PSN baru yang meliputi 56 proyek merupakan program usulan baru, 10 proyek merupakan proyek perluasan, dan 15 proyek dikelompokkan dalam program baru dan delapan proyek ketenagalistrikan.

Pertimbangan dampak ekonomi yang dikemukakan pemerintah, menurut dia, harus juga diiringi dengan pertimbangan pelaksanaan strategi pertahanan yang komprehensif.

Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu menjelaskan bahwa negara-negara yang sekarang adidaya di bidang ekonomi, mengembangkan industrinya dengan pertimbangan pertahanan bangsanya dari ancaman bangsa lain, dari kelaparan, dari bencana, dan lainnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close