Politik

Pengamat Nilai Anies Baswedan Dapat Satukan PKS-NasDem di Pilpres 2024

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Terbentuknya poros koalisi NasDem-PKS diprediksi masih realistis dan memungkinkan. Sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut bisa menjadi magnet penghubung kedua partai itu untuk mengusungnya sebagai capres pada 2024.

“Agenda suksesi 2024 bisa mempersatukan NasDem-PKS, Anies Baswedan adalah magnet yang akan mempersatukan poros ini,” kata pengamat politik dari UPN Veteran Jakarta, Andriardi Achmad, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/11/2019).

Andriadi mengatakan pendekatan NasDem terhadap Anies sudah mulai masif pasca-Pilpres 2019 saat Anies bertemu dengan Ketum NasDem Surya Paloh di DPP NasDem Cikini.

Pertemuan Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman pun, disebut Andriadi, sebagai sinyal awal menuju poros koalisi Pilpres 2024.

“Pasca Pilpres 2019 lalu, ketika Megawati-Prabowo bertemu di Menteng, saat bersamaan Surya Paloh-Anies Baswedan bertemu di DPP Nasdem Cikini. Begitu juga, masih anyar silaturahmi politik Surya Paloh ke DPP PKS merupakan sinyal positif menuju koalisi,” ucapnya.

Menurut Andriadi, partai politik yang mampu menghadirkan sosok capres juga berpotensi menjadi pemenang pemilu legislatif 2024.

Andriadi menyebut sejumlah parpol pun sudah memasang kuda-kuda dengan menyiapkan kader andalannya, seperti PDIP yang mempersiapkan Puan Maharani dan Partai Demokrat yang mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Capres berpotensi menang yang diusung parpol 2024 sangat berpotensi memenangkan pemilu. AHY dipersiapkan Partai Demokrat, PDIP telah (menyiapkan) Puan Maharani, Anies Baswedan berpeluang diusung koalisi PKS-NasDem,” pungkasnya. (AR)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close