Pengamat: Cawapres Jokowi Mengerucut ke Mahfud MD dan Airlangga

Pengamat: Cawapres Jokowi Mengerucut ke Mahfud MD dan Airlangga

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, dari lima nama cawapres yang ada, saat ini sudah mengerucut dua nama.

Kedua tokoh yang berpeluang menjadi cawapres Jokowi adalah Mahfud MD dan Airlangga. Saat ini, kata dia, Jokowi sedang diserang tiga isu. Yakni isu komunisme, anti-Islam, dan pro Tiongkok.

Mahfud lah yang bisa membendung tiga isu tersebut. Sebab, pria asal Madura itu merupakan tokoh Islam, santri, bersih, akademisi, dan sangat dihormati.

“Jika Mahfud disandingkan dengan Jokowi, maka tiga isu itu bisa diatasi,” kata Emrus, di Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Nama Mahfud juga relatif bisa diterima parpol pendukung Jokowi, karena dia bukan orang partai. Pengalamannya juga komplit, karena dia menjadi menteri, anggota dewan, dan ketua MK.

Jadi, pengalamn eksekutif, legislatif dan yudikatif semua sudah dia miliki. Apalagi, ia juga guru besar hukum tata negara UII yang juga tokoh NU.

Namun, jika pertimbangannya Jokowi adalah dukungan partai dan jumlah kursi di DPR, maka Airlangga yang akan dipilih. Sebagai ketua partai, tentu Airlangga mempunyai dukungan jelas dari partai.

Tapi, kehadiran Airlangga belum tentu bisa diterima partai lain. Sebab, partai koalisi juga mempunyai calon masing-masing. (JS)