Pengalaman Luna Maya Saat Jadi Dubbing Film Mulan

Pengalaman Luna Maya Saat Jadi Dubbing Film Mulan
Luna Maya

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Beberapa artis Indonesia terlibat dalam sulih suara film live-action Mulan yang akan segera tayang di Indonesia. Salah satunya ialah Luna Maya. Ia dipercaya untuk menjadi pengisi suara karakter Xianniang yang diperankan oleh Gong Li.

Jelang penayangan perdana di Indonesia, Luna Maya membagikan kisah sedih di belakang layar saat penyulihan suara. Ia bercerita bahwa mendapatkan kabar buruk ketika hendak ke studio untuk penyulihan suara, yakni Jelly, anjing peliharaannya pergi untuk selama-lamanya.

"Jadi pas sampai studio saya nangis-nangis. Terus saya bilang kalau suara saya sekarang dan jika dilanjut besok maka akan beda. Jadi saya bilang gimana kalau kita selesaikan saja hari ini," cerita Luna Maya.

Ia mengungkapkan seharusnya rekaman dilakukan dua hari. Namun, demi menjaga konsistensi suara, sulih suara akhirnya diselesaikan dalam satu hari. Saat itulah, ia menyadari terdapat adegan di mana Xianniang juga penuh dengan emosi dan berkaca-kaca.

"Saya bersyukur ada adegan dia nangis, jadi dapat feel-nya. Itu yang paling saya ingat. Agak menyedihkan sih hari itu tapi membantu karena ada emosi yang dibutuhkan, ya sedih dan berkaca-kaca. Terima kasih Jelly," ucap Luna Maya.

Selain Luna Maya, aktris Yuki Kato juga akan menyumbangkan suaranya untuk menyulih suara karakter Mulan yang diperankan Liu Yifei. Sedangkan Dion Wiyoko akan mengisi suara karakter Honghui yang diperankan Yoson An.

Empat penyanyi Indonesia yakni Yura Yunita, SIVIA, Agatha Pricilla, dan Nadin Amizah juga akan berkolaborasi menghadirkan warna baru dari lagu 'Reflection' yang pertama kali dipopulerkan Christina Aguilera pada 1998.

Indonesia menjadi salah satu negara yang hanya bisa menyaksikan Mulan dalam layar kaca. Hal tersebut disebabkan penundaan penayangan film tersebut di dunia akibat pandemi Covid-19 lebih dari enam bulan terakhir.

Sementara itu, beberapa negara seperti AS dan Korea sudah bisa menyaksikan live-action Mulan sejak beberapa waktu lalu, baik secara langsung di bioskop maupun Disney+.

Film live-action Mulan masih mengikuti kisah klasik yang dirilis lewat animasi pada 1998. Ceritanya berfokus pada seorang perempuan muda Tionghoa yang menyamar sebagai seorang pria untuk bertarung menggantikan ayahnya.

Film Mulan akan resmi tayang di Indonesia pada 4 Desember dan bisa disaksikan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris hanya di layanan streaming Disney+ Hotstar.