Internasional

Pengacara: Floyd Dimakamkan 9 Juni di Texas

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Korban keganasan anggota polisi Amerika Serikat (AS), George Floyd, akan dimakamkan pada 9 Juni di Houston, Texas.

Kepastian pemakaman Floyd ini disampaikan pengacara keluarga Floyd, Ben Crump, pada konferensi pers pada Senin (1/6/2020) waktu setempat.

“Di sini di Minneapolis, akan ada peringatan pada Kamis, pukul 01.00 – 03.00,” katanya.

Crump menyebut akan ada kebaktian di Nort Carolina, kota kelahiran Floyd, pada Sabtu depan.

“Dan kemudian pada Selasa, 9 Juni, pemakaman akan berlangsung di Houston, Texas, pukul 11.00,” ujar Crump, seperti dikutip dari AFP.

George Floyd meninggal pada 27 Mei setelah seorang polisi berlutut di leher pria berusia 46 tahun itu selama hampir sembilan menit. Floyd lalu tidak responsif setelah hampir tiga menit.

Rekaman detik-detik kematian Floyd terekam dalam kamera telepon, lalu menjadi viral dan memantik amarah dan demonstrasi besar-besaran di AS.

Kematian Floyd juga kembali membuka luka lama akan rasialisme yang dirasakan oleh banyak warga Afrika-Amerika, khususnya terkait pembunuhan dan tindakan sewenang-wenang oleh polisi, seperti pembunuhan Michael Brown pada Agustus 2014 di Ferguson, Missouri, dan Eric Garner pada Juli 2014 di New York.

Aksi protes untuk menuntut keadilan bagi Floyd menyebar di 140 kota di seluruh AS pada akhir pekan lalu, dan banyak berujung kerusuhan.

Sebelumnya, Crump melaporkan hasil autopsi mengarah kepada tindakan pembunuhan dengan melakukan penekanan antara leher dan punggung secara berlebihan sehingga menyebabkan kurangnya aliran darah ke otak. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close