Tak Berkategori

Penerbangan ke Yogyakarta Terancam Balon Tak Berkendali

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Penerbangan dari dan ke Yogyakarta, terancam  adanya balon udara tak berkendali yang diterbangkan secara liar.

GM AirNav Cabang Yogyakarta, Nono Sunaryono didampingi sejumlah pejanat Lanud Adisutjipto dan PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Sabtu (16/6/2018) mengatakan, dalam dua hari terakhir ini tercatat 20 pilot maskapai penerbangan sipil melaporkan telah melihat balon udara yang  berada udara tanpa kendali.

“Ada 20 laporan masuk, dan yang dilaporkan lebih dari 20 balon,” kata Nono.

Menurut dia, balon udara yang diterbangkan tanpa kendali itu sangat membahayakan penerbangan. Ia menjelaskan, jika balon udara udara itu tertabrak dapat menyebabkan menutup kaca depan sehingga pilot tidak bisa melihat luar, atau jika tersedot ke dalam mesin, dapat menyebabkan mesin pesawat mati mendadak.

“Demikian pula balon ini dapat menyangkut di sayap yang menyebabkan pesawat tidak dapat dikendalikan, atau menutup part lainnya yang dapat menyebabkan pesawat tidak dapat memberikan informasi ketinggian dan arah,” katanya.

Balon udara yang jatuh di Piyungan (Foto/senayanpost.com/Atan Sulaiman)

Dikatakan, kesemuanya itu dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan yang fatal bagi penerbangan.

Kebanyakan balon udara tersebut, imbuhnya diterbangkan dari wilayah Wonosobo, Jawa Tengah.

Jajaran Lanud Adisutjipto, hari Sabtu juga menyita dua balon udara tak berkendali yang jatuh di wilayah Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Balon yang ditenagai dengan api kompor ini diduga diterbangkan dari Wonosobo. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close