Penemu Mouse Komputer Tutup Usia

Penemu Mouse Komputer Tutup Usia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Salah satu penemu mouse komputer, William “Bill” English, tutup usia pada Minggu (26/7/2020) lalu. Ia mengidap gangguan pernapasan dan meninggal di usia 91 tahun.

Dilansir Kompas.com, William merupakan salah satu sosok yang berkontribusi besar di dunia teknologi. Bersama rekannya, Douglas Engelbart, mereka merancang dan mengembangkan mouse di Lembaga Riset Stanford pada tahun 1963.

Sebelum bergabung dengan Douglas, William pernah bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat hingga akhir tahun 1950-an. Ia bertugas di wilayah California hingga Jepang.

Dengan latar belakang sebagai seorang insinyur komputer, William bergabung dengan Stanford Research Institute pada tahun 1960 dan bekerja dalam bidang pengembangan magnetik.

Beberapa tahun kemudian, barulah ia bergabung dengan Douglas dalam merancang perangkat mouse.

Douglas adalah orang visioner yang merancang, membuat ide, dan menggambar sketsa mouse komputer. Hal itu dilakukan sebelum komputer menjadi produk yang saat ini digunakan oleh banyak orang.

Sementara William, berperan untuk merealisasikan dan mengembangkan konsep-konsep yang telah dirancang oleh Douglas. Sebagai rekan, keduanya saling melengkapi.

Pada tahun 1965, William juga memimpin penelitian yang dimodali oleh NASA. Ia meneliti bagaimana cara terbaik untuk memilih sebuah titik di layar komputer.

Dalam sebuah konferensi pada tahun 1968, William dan Douglas memamerkan sejumlah kemampuan komputer seperti panggilan video, tampilan grafis antarmuka, hypertext, dan tentu saja mouse.

Meski Douglas adalah orang yang melakukan presentasi di depan umum, William lah yang mengatur semua hal di belakangnya, hingga momen bersejarah itu dikenang sebagai “Mother of All Demos”.

Sama seperti perangkat yang beredar saat ini, mouse generasi lawas juga terkoneksi pada perangkat dengan menggunakan sambungan kabel. Penemuan tersebut kemudian dikembangkan lagi oleh Xerox pada 1972.

Lalu pada tahun 1980-an, mouse komputer mulai populer setelah disempurnakan oleh perusahaan Xerox Corp, dengan menggarap debut komersial mouse.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (4/8/2020), perangkat ini termasuk dalam paket komputer Xerox Star yang dijual tahun 1981.