Internasional

Penembakan di Dekat Istana, Raja Salman Dilaporkan Dievakuasi ke Bunker Militer

RIYADH, SENAYANPOST.com – Telah terjadi baku tembak dan sebuah ledakan di dekat Istana Raja di Riyadh, Saudia Arabia, Sabtu (21/4) malam.

Seperti dilaporkan Jewishpress.com dan BNL News, Raja Salman bahkan harus diungsikan ke bunker militer terdekat.

Sumber-sumber rezim pro-Saudi mengklaim jika pesawat tak berawak yang terbang di dekat istana ditembak.

Namun, pihak oposisi dianggap menyebarkan berita hoax dan memutar peristiwa tersebut menjadi upaya kudeta, meski yang mereka katakan tak terjadi.

Diberitakan Dailymail.co.uk, Minggu (22/4/2018) kekhawatiran adanya kudeta di Arab Saudi dipicu oleh tembakan yang meletus di dekat Istana.

Tetapi para pejabat mengklaim jika hanya penjaga yang menembaki pesawat tak berawak yang terbang terlalu rendah di dekat kediaman Raja Salman.

Isu kudeta yang sempat mencuat kini dilaporkan sebagai hoax.

“Tidak ada upaya kudeta di Riyadh, pesawat tak berawak terbang terlalu dekat dengan istana Raja dan ditembak jatuh.”

Tidak diketahui secara pasti apakah pesawat tak berawak itu sebuah ancaman atau tidak.

Juru bicara polisi Riyadh mengatakan jika pasukan di sebuah pos pemeriksaan di distrik Khozama mengidentifikasi pesawat tak berawak dan menanganinya sesuai perintah.

Tidak disebutkan jumlah korban luka atau kerusakan akibat insiden ini.

Seorang pejabat Istana juga mengklaim kabar yang mengatakan jika Raja Salman dievakuasi ke bunker militer terdekat adalah salah.

Dikutip Aljazeera, menurut pejabat istana yang tak disebutkan namanya, Raja Salman saat kejadian sedang tidak berada di kediamannya.

Hingga kini, pihak istana belum memberikan pernyataan resminya melalui konferensi pers terkait kebenaran peristiwa yang terjadi.

Termasuk desas-desus yang menyebutkan jika Angkatan Darat Kerajaan Saudi (KSA), Letnan Jenderal Allukas Nepils memimpin desakan militer untuk menggulingkan Raja Salman.

Pihak berwenang pun masih melakukan investigasi atas hal tersebut.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close