Internasional

Pendukung Najib Galang Dana Bantu Bayar Uang Jaminan

KUALA LUMPUR, SENAYANPOST.com – Pendukung mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menggalang dana untuk membantu pembayaran sisa uang jaminan yang harus dibayar Najib. Najib saat ini baru membayar separuh uang jaminan yang ditetapkan sebesar 1 juta Ringgit (Rp3,5 miliar).

Dilansir The Star, Kamis (5/7), kerumunan pendukung berkumpul di luar rumah Najib di Jalan Langgak Duta, Kuala Lumpur, untuk meluncurkan kampanye penggalangan dana ‘Free Najib’ pada Kamis (5/7) siang, sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Di antara pendukung Najib (64), tampak anggota parlemen Mahmud Zakaria yang mewakili wilayah Sungai Acheh dan Ketua Divisi Pemuda UMNO Wilayah Batu, Ghulam Muzaffar Gulam Mustakim. Keduanya tiba di lokasi dengan membawa sebuah kotak bertuliskan ‘Free Najib’ dan #FREENAJIB.

Menurut kelompok penggalang dana bernama ‘Solidariti Bersama Datuk Najib’ ini, seluruh pendukung boleh ikut menyumbang untuk membantu membayar biaya legal yang membebani Najib selama menjalani persidangan.

Najib ditangkap Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) pada Selasa (3/7) sore. Dia ditahan semalaman di kantor pusat MACC sebelum menghadiri sidang dakwaan pada Rabu (4/7) kemarin.
Untuk bisa bebas dari tahanan, Najib harus membayar uang jaminan. Dalam sidang, hakim menetapkan uang jaminan bagi Najib sebesar 1 juta Ringgit. Hakim mengizinkan pembayaran dicicil dua kali, namun harus dibayar secara tunai ke pengadilan.

Usai membayar separuh uang jaminan sebesar 500 ribu Ringgit (Rp1,7 miliar) pada Rabu (4/7), Najib bisa menghirup udara bebas. Dia langsung pulang ke rumahnya di Jalan Langgak Duta. Sisa uang jaminan sebesar 500 ribu Ringgit dijadwalkan baru akan dibayarkan pada Senin (9/7) nanti.

Pengacara Najib, Muhammad Shafee Abdullah menyatakan kliennya tidak memiliki banyak uang tunai dan baru mampu membayar 500 ribu Ringgit.

Dia mengklaim rekening bank milik Najib maupun keluarganya telah dibekukan dan keluarga Najib harus mengumpulkan dana dari kerabat juga teman-temannya untuk membayar uang jaminan.

“Kami ingin memberi dukungan moral dan finansial untuk Datuk Seri Najib,” kata juru bicara kelompok solidaritas itu, Mohd Razlan Mohamad Rafii, yang juga mantan Ketua Divisi Pemuda UMNO Wilayah Federal.

“Kami tahu bahwa dia telah didakwa dan jaminannya ditetapkan sebesar 1 juta Ringgit. Namun Najib hanya bisa membayar 500 ribu Ringgit dan untuk membayar sisanya, dia harus menyerahkan sertifikat rumahnya sebagai barang jaminan,” imbuhnya.

“Oleh karena itu, kami ingin menawarkan dukungan moral dan finansial kami untuknya,” tutur Mohd Razlan kepada The Star.

Belum ada tanggapan dari Najib maupun keluarganya soal aksi penggalangan dana ini. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close