Pendaftaran Komponen Cadangan Dibuka 2-7 Juni di 4 Kodam

Pendaftaran Komponen Cadangan Dibuka 2-7 Juni di 4 Kodam
TNI

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) resmi membuka pendaftaran komponen cadangan (komcad) mulai 2 sampai 7 Juni 2021. Pendaftaran dilakukan di empat komando daerah militer (kodam).

Pertama di Kodam Jayakarta, DKI Jakarta. Khusus untuk Kodam Jaya Jakarta warga yang boleh mendaftar bisa berasal dari wilayah pertahanan DKI Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang.

Kemudian di Kodam III/Siliwangi, Bandung meliputi wilayah Banten dengan pengecualian Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan, serta Jawa Barat dengan pengecualian Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

Selanjutnya, di Kodam IV/Diponegoro, Semarang. Pendaftaran dibuka untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Terakhir di di Kodam V/Brawijaya, Surabaya, meliputi wilayah Jawa Timur dan Pulau Madura.

Calon peserta yang mendaftar wajib mengisi berkas-berkas yang telah ditentukan oleh Kemenhan.

Berkas-berkas itu meliputi daftar riwayat hiudp disertai tanda tangan dan pas foto ukuran 4x6, daftar keluarga, serta surat lamaran ke Kemenhan.

Sebelumnya, Kemenhan berencana merekrut 25 ribu masyarakat sipil untuk menjadi komcad selama tiga bulan. Para komcad yang lolos seleksi menerima pelatihan di Pulau Jawa.

Paling cepat, pelatihan akan dilakukan dalam kurun waktu Juni hingga September 2021. Pada tahap pertama ini, Kemenhan baru membuka komcad untuk TNI Angkatan Darat (AD).