Politik

Pendaftaran Bacaleg Ditunggu hingga 17 Juli

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta meminta partai politik segera mendaftarkan bakal calon legislatifnya yang akan diajukan dalam Pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Bantul, Arif Widayanto mengatakan, Peraturan KPU tentang pencalonan Anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota ini telah disosialisasikan ke partai politik peserta Pemilu 2019, ormas, LSM serta stakeholder terkait, pengajuan bakal calon dilayani sejak 4 sampai 17 Juli 2018.

“Prinsip kami di KPU kabupaten/kota hanya melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kemudian juga melaksanakan turunannya yaitu Peraturan KPU, dan di aturan sudah diterangkan termasuk dengan persyaratannya,” katanya, Sabtu (7/7/2018) di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada kesempatan itu Arif memperingatkan, agar partai politik tidak memasukkan mantan terpidana bandar narkoba tidak dapat dicalonkan menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada Pemilu 2019.

Mantan narapidana itu Juga tidak boleh diajukan sebagai calon legislatif adalah terpidana bandar narkoba dan pelaku kejahataan seksual terhadap anak atau korupsi.

Menurut dia, persyaratan bakal calon anggota DPR, DPRD itu tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota pada Pasal 7 huruf h bab pengajuan bakal calon.

Selain itu, kata dia, dalam pasal 7 huruf g juga dipersyaratkan tidak pernah terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap yang diancam pidana lima tahun atau lebih berdasar putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close