Penanggulangan Covid-19 di Jakarta, Satpol PP: Kantor Bentuk Tim Gugus Tugas Internal

Penanggulangan Covid-19 di Jakarta, Satpol PP: Kantor Bentuk Tim Gugus Tugas Internal

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Seharusnya setiap perkantoran di DKI Jakarta membentuk tim gugus tugas internal untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Karena Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hanya bisa melakukan pemantauan implementasi protokol itu di ruang publik, seperti pintu masuk dan keluar KRL Jabodetabek dan MRT Jakarta serta halte Transjakarta.

“Ketika sudah masuk ke ruang yang privat misalnya di perkantoran, seharusnya di kantor-kantor di mana dia bekerja dibentuk semacam tim gugus tugas penanganan Covid-19 yang kemudian melakukan pengawasan,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, Minggu (6/9/2020).

Tim internal itu, lanjutnya, yang akan memastikan semua ketentuan dalam protokol kesehatan dipatuhi karyawan. Dengan begitu, fungsi pengawasan tak hanya dilakukan pemerintah, tapi juga masyarakat.

Arifin menambahkan, pengelola pasar juga harus membentuk tim gugus tugas internal demi menekan penularan virus corona. Misalnya, tim bertugas mengingatkan penghuni pasar untuk mengenakan masker.

“Seharusnya pasar itu juga ada timnya. Tim gugus tugas yang ditangani oleh pengelola pasar itu sendiri,” katanya. (Jo)