Penambahan Kasus Baru Corona di Benua Amerika Tembus 100 Ribu per Hari

Penambahan Kasus Baru Corona di Benua Amerika Tembus 100 Ribu per Hari

JAKARTA, SENAYANPOST.com – WHO menyebutkan, penularan virus corona di benua Amerika mencapai 100 ribu kasus dalam tiap harinya. Selain itu, akhir-akhir ini dilaporkan telah terjadi lonjakan pertumbuhan kasus baru di Amerika Latin seperti Argentina dan Kolombia.

Melansir Reuters, Rabu (12/8), Direktur Regional WHO untuk benua Amerika, Carissa Etienne, mengatakan Amerika Serikat menyumbang setengah dari 100 ribu kasus baru per hari.

“Wilayah kami tetap di bawah cengkeraman COVID,” kata Etienne.

Sejauh ini, tercatat jumlah kasus COVID-19 di Amerika Serikat mencapai 5 juta orang dengan lebih 100 ribu pasien meninggal dunia.

Etienne menuturkan, penularan virus corona yang sangat cepat di Amerika dikhawatirkan dapat berdampak terhadap penanganan terhadap pasien yang memiliki penyakit lain seperti HIV hingga hepatitis.

Sebab, akan banyak pasien yang menderita penyakit HIV hingga hepatitis lepas dari perawatan tim medis karena penanganan kini terfokus bagi pasien COVID-19.

“Ini mengkhawatirkan karena tanpa perawatan lanjutan dan pengobatan yang konsisten, orang yang hidup dengan HIV lebih mungkin menjadi sakit dan menularkannya kepada pasangannya,” ucap Etienne.

Sementara berdasarkan data Pan American Health Organization (PAHO), sekitar 30 persen orang terjangkit HIV kini menghindari perawatan selama pandemi. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu salah satunya tenaga medis yang terbatas.