Tak Berkategori

Pemudik Naik Sepeda Motor Diprediksi Naik 30%

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, Pandu Yunianto, mengungkapkan, pemudik yang menggunakan sepeda motor diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 30 persen dibanding tahun lalu.

“Prediksi tahun ini, kenaikan pemudik menggunkan sepeda motor mencapai 30%,” kata Pandu Yunianto, di Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Ia mengatakan, tradisi masyarakat yang gemar menggunakan motor untuk mudik karena biaya yang murah dibandingkan menaiki kendaraan lain seperti bus maupun kereta.

Walaupun setiap tahun Kemenhub dan instansi lain sudah sering mengadakan mudik gratis, tetap saja tradisi masyarakat mudik menggunakan motor tidak berkurang.

“Kecenderungan kenapa masyarakat banyak tidak menggunakan angkutan umum, ya kalau dilihat biaya angkutan sepeda motor masih relatif murah dibanding angkutan umum. Contohnya bus Jakarta-Solo bisa Rp 200-300 ribu untuk satu orang, jika satu keluarga bisa paling tidak Rp 1 juta sedangkan kalau pakai motor paling nggak sampai 100ribu,” katanya.

Dalam rangka mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kemenhub sudah menyiapkan sekitar 1.000 bus untuk mudik gratis. Selain itu penambahan rute mudik gratis menggunakan kapal laut juga ditambah.

Selain angka pemudik yang menggunakan sepeda motor meningkat, angka pemudik yang menggunakan alat transportasi lain juga diprediksi meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pihak Kemenhub dan instansi terkait dikatakannya sudah menyiapkan alat transportasi untuk mudik gratis dengan jumlah yang lebih banyak.

“Prediksi kali ini untuk bus menjadi naik 1,76% sekitar 8 juta (orang menggunakan bus). Pengguna sepeda motor cukup 8,5 juta pemudik, mobil penumpang 3,72 juta, angkutan udara peningkatan tinggi, kereta juga sekitar 5% meningkat, kapal laut 5,2%,” kata Pandu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close