Lintas Daerah

Pemudik Mengular, Exit Tol Jombang-Mojokerto Macet 1 KM

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Dua hari jelang lebaran, kemacetan atau antrian panjang mulai terjadi di pintu keluar atau Exit Tol Bandar Kedungmulyo, bagian dari tol Jombang-Mojokerto (Jomo) Rabu (13/6/2018).
Antrean kendaraan mengular hingga lebih dari 1 kilometer sebelum memasuki gerbang tol.
Yang patut dicermati dari munculnya kemacetan di gerbang tol Bandar ini adalah sistem yang mengatur arus antara kendaraan yang akan menggunakan jalur.

Dari keluhan dari pengguna jalur tol yang terjebak kemacetan diketahui pengguna tol Mojokerto -Jombang tidak bisa langsung menuju tol fungsional Kertosono- Wilangan.

Pengguna jalan tol ternyata harus keluar melalui GT Bandar dulu sebelum kembali masuk jalur tol fungsional.

Para pengguna jalan yang akan menikmati ruas tol Kertosono-Wilangan, harus membayar tol dulu di GT Bandar, baru kemudian memutar balik, masuk ke jalur tol fungsional.

Dengan penerapan sistem ini artinya penggunan jalan tol Mojokerto -Jombang yang memang akan keluar tol ke jalur nasional (arteri) dan yang akan menggunakan jalur tol fungsional Kertosono- Wilangan menumpuk di GT Bandar.

Kendaraan yang melaju di tol dari arah Surabaya nampak mengular panjang di pintu keluar Gerbang Tol (GT) Bandar.

Deputi Kepala Departemen Manajemen Pendapatan Astra Infra Tol Jombang Mojokerto, Achmad Rifan Tsamany, mengatakan, sejak pukul 06.30 WIB hingga tengah hari tercatat sedikitnya 3.000 kendaraan pemudik dari arah Surabaya yang keluar di GT Bandar.
Menurutnya, jika H-3 arus mudik di ruas tol JoMo terpantau hanya terjadi antrean pendek.
Antrean lebih panjang baru terjadi hari ini.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, kemacetan di pintu keluar GT Bandar ini disebabkan adanya lonjakan volume kendaraan pada H-2 Lebaran ini.
Mayoritas para pemudik ingin memanfaatkan tol untuk menghemat waktu.

“Mereka berharap tak terjebak macet di jalur arteri, sehingga menggunakan jalur tol. Padahal di jalur arteri juga tidak terjadi kepadatan, sehingga nanti akan kami uraikan yang di jalur tol melalui exit Tembelang,” kata Inggal.

Rencananya, mulai besok, para pengguna jalan menggunakan jalur tol Jomo (Jombang Mojokerto) akan diarahkan keluar melalui pintu keluar atau exit Tembelang.

Selanjutnya, pemudik akan menggunakan jalur arteri.

“Baru nanti yang akan menggunakan ruas tol Kertosono-Wilangan yang difungsionalkan bisa masuk melalui pintu tol Bandar. Ini untuk mengurai kepadatannya,” tandasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close